ARblog – Assalamualaikum brosist,apa kabar? Semoga selalu sehat dan semangat ya..
Yamaha MX King,motor yangbaru saja dilaunching kemarin ini ternyata masih menyimpan beberapa misteri tersendiri. Seperti yang kita ketahui bersama,kalau MX King ini mengadopsi mesin dari kakaknya,New Vixion Lightning. Apa cuma mesin? Tidak. Tercatat ada beberapa part khusus yang juga dicomot dari kakak besarnya tersebut. Salah satunya dan yang paling fenomenal adalah Ban.
Bisa brosist lihat dari foto diatas,yang kebetulan saya ambil beberapa hari lalu di dealer Yamaha Wira Motor Depok,bahwa perbedaan ukuran ban depan dan belakang dari MX King maupun MX 150 ini berbeda jauh. Untuk ban belakang sendiri plek mengadopsi dari New Vixion Lightning aka NVL,kakak besarnya,yang berukuran 120/70 velg 3.50 inch. Lengkap dengan part pengereman dan lainnya yang juga mirip dengan milik kakaknya. Untuk ban depan? Ukurannya terlihat berbeda sangat signifikan dengan ban belakangnya,yaitu hanya berukuran 70/90 velg 1.85 inch. Yang sama dengan bebek-bebek lainnya! Loh kok? Kan MX King ini bebek super? Kurang gagah dong kalo cuma pake ukuran segitu? Masa sama aja ukurannya dengan bebek lain??
Ternyata,Yamaha punya jawabannya tersendiri brosist. Dilansir oleh salah satu media otomotif online yang langsung mewawancarai petinggi YIMM,bahwa ternyata ukuran ban depan yang terbilang kecil ini sudah dihitung matang-matang oleh engineer Yamaha!
Ya brosist,ukuran ban 70/90 17 velg 1.85 ini sengaja disematkan di MX King,karena Yamaha tidak ingin kehilangan image kencang dan lincah yang memang sejak dulu disematkan kepada Jupiter MX Series. Hal ini dilakukan agar MX King yang kental akan aura motor sport nya tetap bisa lincah jika dibawa di kemacetan perkotaan. Terus,kenapa ban belakangnya besar? Katanya mau tetap lincah? Tentu hal ini juga sudah difikirkan matang-matang oleh Engineer Yamaha disana brosist :D. Mesin dengan volume silinder 150 cc dengan berbagai teknologi yang harusnya disematkan ke motor batangan layaknya New Vixion,tentu harus disesuaikan dengan body motor bebek. Dengan power yang besar dan kenaikan hampir 3 ps dari generasi sebelumnya,maka ban belakang yang besar berukuran 120/70 memang pantas disematkan di generasi MX yang kabarnya akan menjadi Raja Bebek ini..
Selain itu,menurut penuturan dari petinggi Yamaha,pak M.Abidin,Chassis dari Yamaha Jupiter MX King ini juga mengalami perubahan,lebih panjang 35 mm dari generasi sebelumnya. Hal ini kembali lagi kepada point pertama tadi,bahwa Yamaha tidak ingin kehilangan image lincah yang memang sudah tersemat rapi di jiwa Jupiter MX Series,termasuk si MX King. Chassis yang lebih panjang ini tentunya menambah kelincahan bermanuver untuk MX King,ditambah dengan dijejalkannya ban yang lumayan besar di bagian belakang,hal ini dirasa perlu untuk tetap menunjang kelincahan dari motor ini sendiri..
Nah,udah jelas kan brosist,kenapa sih kok ukuran ban dari Jupiter MX King dan MX 150 itu terasa sangat signifikan bedanya,ternyata memang sudah diperhitungkan oleh engineer-engineer Yamaha disana :D. Tinggal brosist yang memilih,jika ingin stabil di putaran atas baik didalam kota maupun perjalanan jauh keluar kota,silahkan upgrade ukuran ban depan dengan naik beberapa ukuran. Kalau mau tetap lincah,ya pertahankan ukuran standart,toh udah dihitung secara presisi oleh orang pinternya Yamaha :D. Oke,any comments brosist? Give your humble opinion on the comentar column below here,please! 😀
Thanks for reading and sharing,see you on the next article
Wassalamualaikum.
Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Related Posts :
- Sabar… Yamaha Lexi 125 Baru Bisa Dibeli Bulan April 2018! Ada Waktu Buat Nabung Bro…
- Yamaha Resmi Rilis Yamaha Lexi 125, Ada Dua Tipe! Simak Perbedaan dan Fitur-fiturnya!
- Breaking News : Yamaha Lexi 125 Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Sang Baby Nmax! Harga Dibawah 20 Juta!
- Ketika Yamaha R15 Pakai Striping Suzuki GSX-R, Satukan Perbedaan!
- Yamaha Byson FI Terbaru Pakai Cakram Belakang Di India, Indonesia Kapan Ya?
- Yamaha Mio M3 2018 Kena Racun Velg Warna Emas, Makin Modis! Berikut Harga dan Pilihan Warnanya!
- Pasang Shockbreker dan Speedometer Yamaha Nmax 155 Facelift 2018 Ke Versi Lama? Bisa! Begini Caranya..
- Yamaha Nmax Facelift 2018 Resmi Dirilis! Pakai Shock Tabung dan Warna Baru, Harga Naik 600 Ribu!
- Terungkap Speedometer Yamaha New Nmax 155 2018, Berubah Jadi Kotak! Lebih Keren!
- Yamaha R25 Facelift 2018, Ada Warna Keren Silver Black Velg Ijo Stabilo, Untuk Menjegal Ninja 250 2018?
- Menyambut Tahun Baru, Honda All New Beat FI dan Beat Street Dikasih Warna Baru! Makin Keren dan Atraktif!
- Honda All New PCX150 Lokal Udah Bisa Dipesen Di Showroom Wahana Gunung Sahari! Intip Harga Beserta Simulasi Cicilannya Disini Bro!
- Yamaha Mio M3 2018 Kena Racun Velg Warna Emas, Makin Modis! Berikut Harga dan Pilihan Warnanya!
- Galeri Foto Dan Video Detail Honda All New PCX 150 2018, Memang Mewah dan Penuh Fitur! Monggo Dipelototin!
- Bedah Speedometer Honda All New PCX150 Lokal 2018, Mewah dan Berkelas!
- Berikut Perbedaan Honda All New PCX150 Versi ABS dan CBS, Sama-Sama Valuable di Harganya!
- Fitur, Spesifikasi dan Harga Honda All New PCX150 Lokal 2018, Ada Versi CBS dan ABS, Sudah Keyless dan Double Disk Semua!
- Honda All New PCX150 Lokal 2018 Resmi Dirilis, Sudah Double Disk Brake! Harga 27-32 Jutaan!
- Yamaha Nmax Facelift 2018 Resmi Dirilis! Pakai Shock Tabung dan Warna Baru, Harga Naik 600 Ribu!
- Honda New Vario 110 eSP 2018 Disegarkan, Hadir Dalam 4 Pilihan Warna Atraktif! Berikut Harga dan Spesifikasinya
MX-king ? Yakin bakal laku ?
Bebek ?
Mesin itu itu aja ?
Ban dgn ukuran aneh !
Ayolahhhhhhh kami minta ayago bukan bebek lagi ! :@
LikeLike
FBY sedang berkicau.. ngoahaha 😆
LikeLike
Hushhhhh di alam blog mah jangan bilang saya FBY ! :v ngohahahaha
wakilin debat itu di whatsapp whatsapp ijal erorr terus kang alki 😦 jadi gak bisa berdebat ria deh :v ngohahahaha
LikeLike
Ngoahahaha kalo di blog ane netral aja dah.. kalo di forum gatau dah ngoahaha XD
LikeLike
buseeeettt gede bener 😆
LikeLike
apanye gede kang peli? Ngoahahahaha
LikeLike
anu numpak na lah ngoahahahahaha XD
LikeLike
Yang numpak MX Ganteng? Nuhun atuh ngoahahahha 😀
LikeLike
kasepak kuda liar,asup kana minyak tanah,matak na jadi melar kitu ngoahahahahaha XD
LikeLike
Kalau saya malah curiga ini faltor menekan cost belaka. Roda belakang sudah makan cost besar maka harus diiimbangi dengan roda depan yg lebih murah.
LikeLike
Gitu ya bro?? Bener juga nih analisisnya.. Menurut saya juga harga yang ditawarkan ini memang mengincar matic 150 cc dari pabrikan sebelah.. Biar pabrikan sebelah serasa kemahalan hehe
LikeLike
Tapi gak enak dipandang 😀
LikeLike
Benuull om 😀
LikeLike
kurang menurut saya
LikeLiked by 1 person
Kurang ya bro?? Memang sih bro,soalnya kan MX King ini bawa mesin sport dan desain yg agresif,jd agak kurang ya hehe
LikeLike
kalau menerut saya,, survey pihak yimm bahwa bikers suka dengan ban belakang besar dan tapak lebar.. terlihat juga memang lebih keren.. Terutama juga pada pinstripe itu hasil survey masyarakat banyak yang menempel stiker di velg biar lebih keren
LikeLike
Mantap bro,memang sebagian besar bikers suka ban yang besar,apalagi laki2. Mungkin terlihat lebih gagah bro.. Ga menutup kemungkinan bahwa bakal jadi generasi ban cacing lagi xixi 😀
LikeLike
chasis panjang justru malah galincah,yamaha asak njeplak nih
LikeLike
Yamahmud ingin membinasakan generasi Alay secara perlahan…
Tapi alayna cacingan teu beunang dipapatahan. (Oops… nyarios ala Prancis)
http://cilegon-to-tasik.blogspot.com/2015/03/fitur-yang-terdapat-pada-pertamini-pom.html
LikeLike
Hahaha aku ya ga ngerti bahasanya om 😦 XD
LikeLike
Karakter kita tuh ada tiga : bandel, kreatif, dan lucu.
-Bandel : dijajah lama juga gak musnah, dipemerintahi dg filosofi apa aja kelar (jaman hindu kita hindu, zaman islam kita islam, zaman pancasila kita pancasila), dinaik-turunin BBM tiap bulan juga kita siap, kalau belum punya uang motor dah tua sekalipun terus dipakai.
-Kreatif : wah dari mulai batik, wayang, OVJ, patung asmat, lukisan Affandi, vespa antik sampai vespa gembel, motor modif kontes apa gak cukup? Di benak kita, tak dimodif = tak kreatif. Tak kreatif = tak eksis. We don’t like something perfect without our touch. Minimal tempeli stiker !
-Lucu : ya ini nih kita ngomen setiap entri judul blog otomotif. dari disain motor, mesin motor, printilan motor, harga motor, dll. Ada yang metaforain motor seperti belalang, ada intuisinya slempak atau kepala Sinchan thd bentuk lampu, ada yang ngenamain cebong, meong, suprprihatin thd varian motor, dll. Lucu dan panas ini ujung-ujungnya modif ! Lucu kan, kita ngomen itu ini padaha kita ga kan beli deh. He he he.
Nah Yamaha tuh tahu 3 karakter kita. Tdk takut ngasih bentuk alternatif bebek ala MX King. Tidak laku soal lain. Toh CS1 yang dituduh berhenti karena kurang laku, justru beberapa part-nya banyak yg diburu pemodif, dan sosoknya makin cantik saat diberi sentuhan modif yang pas. Ban jomplang dan bentuk lampu urusan enteng dimodif oleh konsumen Indonesia ! Jangankan ban atau lampu. Ubah mesin sampai ngibulin sistem injeksi dg piggy back, atau diubah lagi jadi karbu bisa. Bebek jadi trail malah mewabah, Jadi kalo suka, kalo punya doku, beli yang kau suka. Tidak suka tinggalkan, cari yang lain. Kalo suka, yang kurang sregnya tinggal modif ! Jangan denger justifikasi blogger atau komentar pengunjung blog !
LikeLike
Wahh komennya panjang banget masbro :D. Sebelumnya,thanks udah mau sempetin comment di blog sederhana ini. Kalau soal itu,namanya manusia mah gak bakal seluruhnya baik,ga bakal seluruhnya jahat bro. Jadi kita aja yang menyesuaikan mau jadi gimananya.. Saya setuju,kalau sebenarnya pabrikan sudah mau memfasilitasi masyarakat dengan line up motornya,dan mereka juga kan nggak sempurna.. Betul bro,Indonesia memang sarangnya modifikasi otomotif,turut bangga jadi orang Indonesia :). Thanks udah mammpir sekali lagi bro 🙂
LikeLike
Pingback: Another ‘S Gen’ Story,Supra X 150 Pakai Mesin Sonic? | Indoride.com
Pingback: Beda 200 Ribuan,Pilih Yamaha Aerox 125LC Atau Yamaha Jupiter MX 150? | Indoride.com
Pingback: Indoride.com
Pingback: Ini Dia Tampang Honda Winner 150 Alias Supra X 150,Siap Tantang Langsung MX King!! | Indoride.com
ban depan memang kecil untuk kelincahan, beda dengan motor batangan ban depan besar beda shock. moto gp juga begitu untuk keseimbangan dan kecepatan. mx king ban besar untuk menepak dijalan biar nepak dijalan. karena tenaga mesin/aklarasi yang kencang agar tidak slip
LikeLike