Karburator Vakum Yamaha Byson Brebet? Perhatikan Part Berikut Ini!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Yamaha Byson bikin pusing karena brebet? Ada solusinya kok

Yamaha Byson bikin pusing karena brebet? Ada solusinya kok

As you know before,saya sudah memelihara si Kebo bule ini selama kurang lebih 5 bulan brosist. Yap,bulan Oktober lalu saya meminang si Kebo dalam kondisi secondhand,dilahirkan aslinya tahun 2012 silam. Excited? Pastinya.. Biasanya nunggang si Evita alias Revo 100,sekarang pindah ke motor batangan.. Ada rasa-rasa gimana gitu.. Haha!

Padahal demen pake Byson,karena gak kalah kalau dijejerin sama yang lebih gede!

Padahal demen pake Byson,karena gak kalah kalau dijejerin sama yang lebih gede!

Namun,perasaan bahagia saya gak bertahan lama ternyata. Sebulan setelahnya,si Kebo mulai gak normal! Woh,padahal sudah diganti oli Pertamina Fastron Techno Ungu yang lumayan mantab tarikannya. Ternyata gak jadi pengaruh. Saya pun dibikin kebingungan akan hal ini. Gejala awalnya,ketika lagi digaspol,tiba-tiba motor ngempos! Losing power,alhamdulillah selamat dari kecelakaan yang tidak diinginkan.. Saya ingat sekali saat itu,malunya ampun brosist.. Motor kinclong abis dicuci+dikasih poles sampek bisa ngaca,eh mati ditengah jalan. If you can feel that… Untungnya saya pakai helm MDS Pro Rider yang notabene adalah helm full face.

Pake helm pulpes,gak malu malu banget lah

Pake helm pulpes,gak malu malu banget lah

Artikel tentang Kebo yang terkait..

Setelah itu,kejadian itu pun semakin sering terjadi. Ngempos tiba-tiba dan brebet saat dibawa jalan. Terlebih di rpm rendah,motor brebet,gak langsung bisa melaju dengan baik. Kebingungan lah saya,tanya sana sini,lakukan ini itu hasilnya masih sama.. Saat itu,kesalahan saya juga sih,sempat di open filter.. padahal karbu Vakum semacam ini sangat riskan bila di open filter. Debu yang masuk bisa bikin skep gampang baret dan lapisan teflon terkikis.. Dan ternyata benar dugaan saya…

Cari-cari info,dan sempat bongkar sendiri,eng ing eng.. Benar dugaan saya selama ini. Setelah belajar cara “main” karburator vakum yang ternyata sungguh berbeda dengan karburator konvensional,ternyata kudu ada beberapa perlakuan yang “lebih halus” untuk merawat si karbu vakum ini.

Bongkarrr

Bongkarrr

Meski diklaim irit bahan bakar (karena bensin baru masuk setelah mengalami kevakuman),namun tetep saja jadi boros kalau ada part yang kerjanya enggak bener. Kebetulan,kasus di kebo saya ini adalah membran vakum yang sudah melar plus skep yang sudah baret! Beberapa bulan saya diamkan,sambil galau,pengen diganti karbu konvensional aja,atau diapain nih karbu..

Eng ing enggg...

Eng ing enggg…

Akhirnya beberapa hari yang lalu,masalah semakin pelik. Si skep lambat banget naiknya,jadi mesin gak bisa laju dengan baik. Sudah coba gosok pakai autosol,hasilnya gak ada sama sekali. Frustasi? Tentu. Sempat saya tinggalkan si kebo dirumah tanpa dielus selama 2 hari.. Alhasil pake Mbit Ep Ay dulu aja buat ngampus.

Tanya-tanya ke suhu-suhu yang biasa pakai Byson,pada nyaranin buat ganti karbu pakai PE28 atau RX King. Lagi-lagi,terkendala soal budget and budget. Paling tidak,butuh sekitar 800-1 juta rupiah untuk ganti part tersebut agar si kebo kembali sehat. Kalau ada yang bilang “otak manusia bekerja dengan baik ketika sedang dilanda masalah pelik” itu mungkin benar adanya… Ane merasakannya sendiri! XD.

Opsi 1 : Ganti Karbu! (gagal total,terkendala budget,sorry yang udah nyaranin XD).

Opsi 2 : Ganti Membran Vakum pakai punya Thunder 125,PNP! 

Tadinya pengen pake cara ini,muter-muter nyari membran vakum (tanpa botol dan jarum skep) susah bener.. Puluhan bengkel saya sambangi,adanya jual sepaket,gak bisa diketeng. Mikir lagi… Padahal kata suhu-suhu di grup Byson,membran vakum Thunder ini bandel punya,dan kualitasnya gak kalah dengan ori Byson. Harganya pun miring,sekitar 40-50 ribu saja. Bukan rejeki saya,akhirnya urung niat buat nebus karet vakum Thunder.

Opsi 3 : Pasrah,ganti Vario 125 second

Kagak dah,kayaknya masih sayang sama si kebo. Masa karena masalah ginian aja nyerah. Ngoahahhaa. Lanjuut

Opsi 4 : Membran vakum + skep ori Byson (satu set)

Jauh-jauh nyari ternyata di deket rumah ada. Sama pasang 100 ribu katanya. Berhubung sepertinya membran vakum karbu Byson saya udah gak bisa dipake,dan skep juga sudah baret parah,jadi ngerogoh kocek agak dalam gapapa deh,meski rela gak jajan 20 tahun gapapa deh.. (gak gini juga kali ya).

wp-1460556025269.jpeg

Alhasil,tarikan kembali normal,dan seperti sedia kala.. Greng lagi. Membran vakum atau yang disebut Diafraghm ini kembali melakukan tugasnya dengan baik,dengan menyedot skep agar bensin bisa masuk ke mesin dan dibakar. (iya gak sih begitu kerjanya? Semoga bener). Ditambah filter udara kembali dipasang dengan filter Ferrox,tarikan semakin oke,setidaknya.

Kualitasnya gimana? Ya belum tahu saya bro.. Baru diganti tadi sore kok.. Kita lihat saja deh bagaimana kualitas dari skep dan karet vakum ini kedepannya. Kalau masih brebet lagi,ya mudah mudahan sih enggak deh.

Sekalian,saya dapat beberapa ilmu yang mungkin bisa dishare ke brosist sekalian,terutama yang motornya pake karbu vakum nih. Tapi di lain artikel aja yak.. Kepanjangan kalau harus disini juga.

Masih jatuh hati sama Byson...

Masih jatuh hati sama Byson…

So,bagi yang kebonya sudah mulai brebet-brebet gak jelas,jangan lupa cek membran vakumnya.. Siapa tahu memang sudah melar dan sudah ada lubang karena terjepit/karena pemakaian. Tentunya jika ada lubang sedikit saja,kondisi kevakumannya gak akan baik seperti sedia kala,skep juga naik turunnya bakal lambat.. (iya gak sih?) Dan,untuk memaksimalkannya,jangan lupa tarik per skep agar per tersebut lentur kembali dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Sekian,semoga kebo saya tetap sehat,dan semoga gak bikin ketar-ketir lagi karena hampir celaka. Untung aja sekarang Byson udah Injeksi. Gak perlu ngalamin brebet-brebet lagi karena kualitas karbu yang dipertanyakan. Artikel kali ini saya mau mohon maaf sebesar-besarnya kepada brosist sekalian ya! Bukannya mau menggurui,tapi hanya share pengalaman saja,supaya kalau ada riders Byson yang mengalami hal serupa,bisa dapat solusi yang mudah dan murah.. Hehe.

Oke sip,semoga berguna ya bro and sist!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisement

27 thoughts on “Karburator Vakum Yamaha Byson Brebet? Perhatikan Part Berikut Ini!

  1. Kasusnya hampir sama dengan saya…
    Dulu si Pony aka byson merah punya saya juga sering brebet dan bahkan mati saat di gas tinggi… bahkan pas lagi boncengin pacar juga pernah terjadi kejadian serupa… asli malu bener dah… tapi saya juga agak beruntung karena muka saya juga ketutupan helm fullface (KYT K2 Rider)… rencana juga mau ganti karbu PE28 KW super tapi nggak jadi karena cukup ganti per vakumnya saza… wkwkwk… gantinya pake per vakum pulsar 180 UG4 bekas si Orangejuss aka motornya Ardiantoyugo.com… pemasangan Plug and plung… and Alhamdulillah sampe sekarang si Pony udah nggak rewel lagi… dan kalo pas boncengin pacar jadi lebih confident…
    Berikut ritualnya…
    https://dslazer.wordpress.com/2016/02/11/substitusi-per-vakum-yamaha-byson-menggunakan-per-vakum-bajaj-pulsar-180-ug-4/

    Like

  2. ati – ati aja… kalo service dipinggir jalan jalan mau dibuka karbunya… urusan karbu itu urusan bengkel resmi cabang utama aja bro… sapa tau… kalo dipegang sama yang kurang expert yang ada malah disiram bensin tuh karet vakum… rusak lagi dah

    Like

    • Saya ke bengkel yamaha yang paling besar disini juga mereka gak bisa benerin,solusinya ganti karbu,blablabla. Mkny males saya.

      Klo soal karet vakum disiram bensin saya gak pernah ngelakuin,dan rata2 dimari jg bengkel2 biasa udh tau klo karet vakum gabisa disiram bensin

      Like

  3. Pingback: Apa Kata Rider Yamaha R15 Tentang Honda All New CBR150R Facelift? | Indoride.com

  4. Pingback: Take A Risk! Bongkar Dan Bersihkan Karburator Vakum Untuk Pemula!! | Indoride.com

  5. Pingback: Impresi Awal Pasang Karburator RX King Di Yamaha Byson ; Brebet Sirna Sudah! | Indoride.com

  6. Pingback: Pasang Spion X-Ride Di Yamaha Byson ; Murah Meriah.Fungsi Maksimal! | Indoride.com

  7. Pingback: Wah,Yamaha Byson Karbu Masih Didistribusikan Dari Dealer!! Ternyata Dia Masih Dicintai… | Indoride.com

  8. Itu beli skep 1 setnya di toko deket rumah toko apa ya? Toko pinggir jalan apa toko sparepart asli yamaha? Punya saya juga baret nih.. Mati2 terus bikin malu

    Like

  9. kalo pengalaman ane,,,tak beli”in karet vacum skep 1 set cuma 85.000 plus kanebo,,,,hari pertama setelah ane ganti lngsung tes dari kota kediri ke lumajang besoknya ganti lumajang ke kediri,,,wuich sehat lagi mas brow,,,,,,setelah pemakaian normal 3 minggu baru gejala kambuh lagi brebet akhirnya ane bongkar sendiri cuma per orisinilnya saya tarik sampai tambah panjang kurang lebih 2 cm trus pasang ganti yg sebelumnya kepasang,,,,alhamdulilah ga ngambek si kebo besi ane sudah hampir 1,5 bulan ini,,,,,tpi sekedar ngingetin kalo bisa pake pertamax mas bro intinya oktan 90 ke atas biar mantab,,,,,

    Like

  10. Pingback: Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented! | Indoride.com

  11. Tq brosist infonya..karna hal yg sama dialami saya. Benfkel resmi nyaranin gnti ful karbu v budgetnya lumayan..galau

    Like

  12. Pingback: Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja! | Indoride.com

  13. Pingback: Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah! | Indoride.com

  14. pusiiiiiiiiiiiiiiing mikir si kebo brebeeet kempooooooos… lama2 di bakar nanti ni.!!!!! xixixixixixiii ya gk laah

    mogok di jln,
    di asapiiin ma vespa jiaaaaaaaaah malu..

    mo ganti pe28 tp budged na gede, blm lagi nyari manifold yg pendek susah (papua). mo potong yg asli syg bgt idiiiiiih ogaah. baca2 di internat nyaranin pke manifold skorpio, tp sempat share ma mekanik bengkel kayanya dia pernah pke manifold skorpio malah karbunya meledak, api mencuar dri manifold n all hasil manifold na tercabut, untung cpt di padamin. kata si mekanik tenaga atau apalah nama na dri si byson tll gede jd jgn slah ato asal2an pasang to ganti ini itu klo gk tw ukuran yg pas!!!!!! hmmmm niat jd ilang 100% tuk psang pe28 … huhuhuuuu

    kira2 solusi yg tepa apa yaa??? mohon pencerahannya wahai para suhu-suhu byson yg berpengalaman.. mohon bantuannya

    oia, min stlah gnti karet vacum 1 set ma piston skep gmn hsil na?? bertahan lama gak ?? brebeet n kompoos lg gak skg? baret lg gak piston skep na?

    oia, karbu vacum bgs na di open vilter ato gak ??

    salaam kempooos2an hehehee

    Like

  15. kmrin ane pos byson ndut2an meski diplintir gas gsg ada gejala..skrg kayanya kejawab.mekanik pinggiran yg blg mgkin rantai yg kendo kenceng ternyata benar..sekarang kayanya udah waras kembali.bagi rider spt saya persoalan naik motor yg penting nyaman dan byson punya itu.suspensi dpan blkg oke.minim gembling ktika hajar lubang kecil.
    intinya sblum buka atau odol2 daleman karbu chek dl rantainya sbg moda penggerak utama.gnti aftrmrket 40 rb + pasang. rantai aja ya
    sbg ssama penunggang kebo impor semoga info ini berguna.

    Like

  16. mw nanya pada suhu master byson, ini motor saya sudah gag bisa dipake hampir 2 minggu, padahal kelistrikan ok, dari karbu bensin selalu ngelotor, dan kompresi mesin spertinya hilang.

    mohon pencerahan master…
    karena saya sudah pake hampir 6 tahun, dan gag mw pindah k motor lain. iki motor kesayangan.

    matornuwon

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.