IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!
Ban memang sebuah piranti yang sangat penting untuk membuat sebuah kendaraan bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya ban yang baik,sang kendaraan juga tak akan berjalan dengan baik. Mungkin berbeda dengan zaman dulu yang masih memakai kayu sebagai roda,nah sekarang sudah zaman maju semuanya pakai velg+ban. #yaiyalah..
Ban pun bermacam-macam jenisnya. Dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan ‘habitat’ ban tersebut. Contohnya saja,ada ban yang hanya bisa dipakai di jalanan aspal mulus. Lalu ada ban yang khusus dibuat balap drag maupun balap sirkuit,ban yang khusus dipakai di jalanan tanah,hingga ban dual purpose alias bisa dipakai di segala medan. All Terrain bahasa kerennya..
Naah,gak pake basa-basi,brosist tau gak sih ban bawaan motor-motor sport 150-250cc di Indonesia itu merknya apa? Yang mengamati pasti udah kenal dengan merk IRC. Bukan promosi lho ya,memang rata-rata motor sport entry level di Indonesia pakai ini ban sebagai standart pabriknya. Dengan kembangan yang cukup menarik dan kabarnya lumayan ngegrip,IRC RX-01 alias Road Winner ini dipercaya mayoritas pabrikan motor di Indonesia sebagai ban standart sportnya..
Tengok saja deh ban standart Honda CB150R,Honda CBR150R,CBR250R,lalu Ninja 250,hingga Yamaha Byson dan Yamaha R15,pakai ban merk ini sebagai standartnya. Berbagai macam ukuran juga disediakan,sesuai kapasitas mesin juga tuh brosist.
Sayangnya,banyak yang mengeluhkan performa ban IRC RX-01 alias Road Winner ini saat dipakai di jalanan aspal Indonesia. Banyak yang mengeluhkan licin,suka geal-geol,dan sebagainya. Dan bisa dipastikan,banyak pula bikers yang akhirnya mengganti bannya dengan merk dan tipe yang lebih bagus dari IRC Road Winner..
Eits,tapi ada sebuah video yang membuat saya cukup takjub nih brosist. Bagaimana ketika ban standart motor sport entry level di Indonesia ini,dijadikan sebuah properti untuk balap di sirkuit?? Padahal kan katanya IRC RX-01 ini licin banget kalau buat miying-miying? Langsung aje deh nonton video yang diupload oleh MC GARAGE tentang komparasi IRC RX-01 dengan ban-ban lain yang lebih bagus.. Cekidots :
Nah,bisa dilihat dari video tersebut,IRC Road Winner yang notabene ‘ban biasa’ disandingkan dengan merk-merk semacam Shinko,Bridgestone,Pirelli,Michelin,dan ban-ban mermerk lainnya. Dengan satu motor untuk media pengetesan yakni KTM RC390,dengan kondisi yang sama,motor yang sama,tenaga yang sama,dan juga ukuran yang sama.. Ban-ban ini diadu,ternyata…
IRC Road Winner alias RX-01 masih mendapat review yang cukup baik dari sang test rider. Sang sembalap berani membawa KTM Duke 390 tersebut miring-miring hingga sudut maksimal.. Padahal,banyak yang meragukan performa dari ban ‘sejuta umat’ ini ya brosist. Ternyata eh ternyata,lumayan juga nih performanya! Bahkan masih kelihatan bolot nya alias bintik-bintik ban sehabis dipakai cornering tuh… Mantap!
So,masih mau meragukan performa ban ‘sejuta umat’ ini brosist? Daripada keburu diganti,mending dipahami dulu karakternya. Ban bertipe medium compound seperti ini memang jangan sembarangan dibawa di trek basah,ya bisa ndlosor kowe mzbro XD. Tapi kabarnya sih dari teman saya yang sering cornering,IRC Road Winner bawaan motor-motor CBU itu kualitasnya lebih bagus,bahkan masih bisa dengan PeDenya melawan ban-ban import saat wet race… Benar atau tidaknya silahkan dibuktikan sendiri! *saya mah gak berani :mrgreen:.
Nahh,coba dipelajari karakter bannya,siapatahu cocok,kan jadi gak buru-buru ganti ban. Atau kalau ada yang mau jual IRC Road Winner ukuran 110-140 atau 110-130 dengan harga khilaf bisa PM ane.. Dengan senang hati.. Wkakaka :lol:.
Okehh,gimana brosist? Semoga berguna yaa! :D.
Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.
Wassalamualaikum.
Written by Alki Rahmatullah
Follow me on..
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Valentino Rossi Mengalami Patah Kaki Saat Latihan Motocross, Harapan Meraih Juara Dunia Semakin Tipis!
Yamaha Force 155, Kembaran Yamaha Aerox 155 Dengan Monoshock Tengah dan Dek Rata ; Cocok Masuk Indonesia Nih!
KTM Indonesia Rilis New Duke 250 dan Duke 390, Lampunya Makin Sadis, Desain Makin Sangar!
Jambore Nasional Ke-2 Honda CB150R Streetfire, 2500 Motor Ikut Meramaikan!
Honda Resmi Rilis All New Scoopy 2017 ; Harga 17,8 Juta, Ada 8 Varian Menggemaskan!
Press Release : Suzuki Resmi Merilis New Smash FI, Kini Pakai Mesin 115cc Yang Lebih Efisien!
Review Dashboard dan Fitur Speedometer Honda CBR250RR ; Mewah, Lengkap, Fungsional!
Desain All New Vixion 155 Dari Julak Sendie Ini Keren Abis, Jadi Lebih Kekar!
Ini Dia 10 Motor Terlaris Bulan Januari 2017, Nomor Satu Menggila!
Aksesoris Resmi Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150 ; Bikin Tambah Kece!
Wow harganya ngeriii. Nah made in mana ini?
LikeLike
Kalo yg duke kayaknya made in india..
LikeLike
katanya sih yg road winner luaran beda ama yg lokal sini mzbro..
perasaan ban setandar byson enggak enak deh, kalau masih baru 2-3 bulan sih enak. kalau udah lama, bannya jadi kaya batu. ditusuk pake kuku, kukunya yg sakit 😀
LikeLike
Sori bro menurut video tersebut bannya GAK ENAK buat track. Jangan” ga ngerti inggris duh. Hahahah
LikeLike
Horeee ada yang gagal paham… Hhehehehe
LikeLike
wkwwkw yg gagal paham malah bilang si penulis gak ngerti bahasa inggris. belajar lagi ya, tong.
LikeLike
Hehehe maklum lah kang, namanya juga internet.. 😀
LikeLike
skill dan.. ban road winner pun macem2
LikeLike
wahh hrus punya sikil juga ya… klo ga bisa susah tuh… walaupun ban dah memadai untuk balap
sport suzuki 150cc siap test, nama sementara GSX-R150, desain mirip… siapa ya? langsung ke TKP bro
http://goozir.com/2016/03/sport-suzuki-150cc-gsx-r150.html
LikeLike
Irc road winner ada tipe race jg bro,saya juga baru tau dari FB rumah ban motor tp cuma jual 1 ukuran 130/70 aja,sedangkan yg di pakai di motor umum di indonesia adalah hard-medium compound,jd memang modelnya sama tp berbeda bahan
LikeLike
Pingback: Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget! | Indoride.com
ban standar megelli gen 1 juga road winner 🙂
LikeLike
Pingback: Tips n Trick : Safety Riding Itu Kayak Gimana Sih? | Indoride.com
Road winner kalo msih dingin grip’a emang ok tpi kalo dah panas ga berani dah miying2. . Tkut ndlosor. . Orang di trek lurus aja ban kya goyang2 sndiri (trutama yg blakang)
*pengalaman pribadi
LikeLike
IRC roadwinner ada versi soft compound nya yg khusus race (gak beredar di pasaran kayaknya), jelas beda performancenya dengan yg nempel di bawaan motor standar (bukan soft compound).
ntar orang baca tulisan ini pake ban irc standar langsung miring2 pol lagi malah kepleset hehe
LikeLike
Makanya dibaca dulu masbro hehe
LikeLike