IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!
Brosist, Januari memang bulan yang penuh kejutan dan berkah nih hehe.. Bulan kelahiran saya ini memang selalu punya cerita tersendiri. Kebetulan, di akhir bulan pertama tahun 2018 ini saya diberi kesempatan untuk icip-icip dua motor gede alias MoGe dari Suzuki! Yap, sebuah Moge yang bisa dibilang gak umum dan tenaganya juga gak main-main. Di atas 1000 cc semua broo! Wuihh.. Yang pertama adalah Suzuki GSX-R1300 Hayabusa yang udah saya test beberapa hari lalu, eh, kemarin dikasih kesempatan lagi buat ngetes motor gede eksotis yang gak umum! Yap, ini dia GSX-S1000F! Lho?? Gak umum gimana??
Baca dulu dong bro, petualangan saya sebelumnya bersama moge-moge Suzuki nih. Hehee..
- Bertemu dan Ngetes Langsung Suzuki GSX-R1300 Hayabusa, Dream Comes True! Hyperbike Yang Cocok Sama Badan!
- Test Ride And Review Suzuki GSR600 ; Streetfighter Kalem Bikin Jatuh Hati! (Part 1)
- Test Ride And Review Suzuki GSR600 ; Streetfighter Kalem Bikin Jatuh Hati! (Part 2)
Ya brosist! Gak salah kalau saya bilang gak umum. Karena memang motor ini kabarnya cuma ada satu biji di Indonesia tercinta, alias satu satunyee! Karena memang gak masuk resmi lewat ATPM.. Mungkin Suzuki Indonesia iseng masukin nih ya? Haha.. Tapi mantep lah, jadi saya bisa numpang nyicip dan bisa kasih impresinya ke brosist sekalian! Btw, terimakasih sebelumnya buat juragan Vandra Monkeymotoblog.com yang udah ngasih pinjem buat icip-icip dikit motor ini. Mantap banget deh bapak satu anak yang satu inih emang… Lanjut!
Nah, kali ini bakal saya kasih impresi singkat aja ya bro mengenai motor ini. Fullnya nanti di artikel lain sekalian videonya hehe..
DESAIN
Menganut basis yang sama persis dengan Suzuki GSX-S1000F, pastinya aura sport-touring bike berasa banget di versi F nya ini. Kode F mungkin saja mengacu ke kata “Fairing” yang bikin tampilan depan motor ini jadi penuh banget. Gak kayak Yamaha Fazer series yang punya fairing setengah, versi F dari GSX-S1000 ini seperti full fairingnya! Namun, uniknya dengan dual keen eyes yang terlihat sangat lucu dan imut hhee.. Ciri khas Suzuki ini sih. Tapi agak aneh juga ya? Motor sport tulennya single eyes, giliran sport tour nya dikasih dual keen eyes?
yang menarik memang desainnya bener-bener gambot, berisi, gagah, ganteng, dengan fairing yang penuh tersebut. Garis desain mirip dengan GSX-S1000 terutama dari tangki hingga buritan belakang, kaki-kaki dan juga velg serta bannya yang super guambot. Desain knalpotnya unik, pendek dan besar, sepertinya untuk mengejar akselerasi. Gak aneh sih… nanti dijelaskan di bawah!
Intinya, menurut saya desainnya bener-bener unik dan gak umum. Lebih ke imut sih karena dual keen eyesnya dan visornya yang tinggi itu… Tapi, yakin masih mau nganggep motor ini imut setelah tau “hal mengerikan lainnya”? Simak dulu…
FITUR
Gak sempat ngubek-ngubek banyak soal fiturnya nih bro. Karena memang kondisi hujan kemarin dan gak sempat review detail. Hanya beberapa keliling kampus UI depok dan ada beberapa hal yang bisa disorot dari motor ini. Yang pertama menurut saya sangat berguna adalah fitur tombol select pada stang yang langsung terhubung dengan speedometer! Asyiknya, brosist bisa lihat jarak Trip A, Trip B, hasil konsumsi BBM pada kedua mode tersebut, dan hal lainnya yang brosist bisa akses lewat stang bagian kiri! Semudah menjentikkan jempol sahaja… Sayangnya, saya lupa ngubek, apa ada riding mode pada motor ini?
Fitur lain ya standart sih. Semisal dual disk brake pada bagian depan dengan kaliper Brembo yang puakem abis, suspensi Upside down ganteng berwarna emas, dan velg serta ban yang gambot. Yang paling familiar adalah one push starter layaknya GSX-R150 dan S-150 juga udah dibenamkan di motor ini. Jadi ga perlu neken kopling kayak si Hayabubu, which is yang jadi karakteristik motor Suzuki jaman dulu tuh.. hehehe. Fitur apa lagi ya? Nanti ditanya dulu ke om Vandra dah. 😆
ERGONOMI
Soal ergonomi, saya akui memang rileks bener nih bro. Stang Fatbar dengan merk Renthal serta posisi footpeg yang gak terlalu mundur bikin posisi riding jadi santai abis. Buat saya yang biasa bawa Byson, gak perlu penyesuaian lebih banyak pas naikinnya. Naik, langsung jlebh, berasa nyaman dengan posisi ridingnya. Beda sama kayak pas nyoba bawa si Hayabubu 1300… Hehee.. No complaint for the Ergonomy deh. Nyaman! Pastinya juga angin akan lebih mudah lewat dengan adanya fairing di motor ini… Gak ketabok banget deh istilahnya.
Saat dibawa jalan pun berasa rileks. Santai… Posisi duduk yang rileks membuat berat motor ini yang tembus hingga 214 kg gak berasa berat. Selow aja brooo… Seat heightnya? 810mm.. Buat bikers yang tingginya kurang dari 170cm mungkin akan terasa bermasalah dengan ketinggian joknya. Buat saya yang 180cm+ plus berat yang 3 digit? Napak sempurnah….
Berikut spesifikasi dimensinya :
Overall length | 2115 mm (83.27 in) | Overall width | 795 mm (31.30 in) |
Overall height | 1180 mm (46.46 in) | Wheelbase | 1460 mm (57.48 in) |
Ground clearance | 140 mm (5.51 in) | Seat height | 810 mm (31.9 in) |
Kerb mass | 214 kg (472 lbs) | Fuel capacity | 17.0 litres (3.7 UK gallons) |
MESIN
Langsung bahas ke mesin nih ya. Mesin 999cc yang juga disematkan pada Suzuki GSX-R1000 dan GSX-S1000 gak perlu diragukan lagi power serta torsinya. Pada penjelasan di websitenya saja sudah dijelaskan POWERED BY THE SOUL OF GSX-R , dijamin tenaganya gak jauh beda… Walau belum pernah ngetes GSX-R1000 ataupun S-1000 sebelumnya, namun saya percaya kebengisan tenaga kedua motor tersebut, lewat GSX-S1000F ini. Kenapa?
Dari awal udah diwanti-wanti sama om Vandra, “ngegasnye ati-ati ye! ini motor tenaganye kejam, kagak ati-ati kelempar ke belakang loe!”. Hal itulah yang selalu terngiang di kepala saat ngetes motor ini haha.. Lanjut perkenalan dengan motor bertenaga puncak 150PS ini. Saat dicoba narik gas, benar memang… Gak seperti motor 4 silinder yang pernah saya tes sebelumnya, tarikannya mengintimidasi saya, yang biasa bawa motor lemot. Ampun mak… Akselerasi berasa ditarik ke belakang. Apalagi pas nyoba ngocok gas… Beruntung saya punya badan yang berat dan tangan yang kuat buat tetep nahan ke stang. Bener-bener NGERIII! Kabarnya sih, memang seperti ini karakteristik dari mesin legendaris “K5” milik Suzuki GSX-R1000 tahun 2005 yang dituning ulang… Ngeriii …
Hal ini mungkin saja berkat mesin 1000cc Long stroke+big bore serta kompresi cukup tinggi, jadi buat main betot-betotan saya rasa cukup mengerikan nih bro. Apalagi buat yang gak biasa bawa motor kenceng sebelumnya haha… Tapi pas dibawa pelan masih bisa nikmat kok. Vibrasi halus khas 4 silinder yang pernah saya test juga sebelumnya. Gak nyendat-nyendat, mantap lah… berikut spesifikasi mesinnya masbro..
Engine capacity | 999 cc | Engine | 4-stroke, 4-cylinder, liquid-cooled, DOHC |
Bore | 73.4 mm X 59.0 mm (2.89 in x 2.32 in) | Compression ratio | 12.2 : 1 |
Lubrication | Wet sump | Ignition | Electronic ignition |
Fuel system | Fuel Injection | Transmission | 6-speed constant mesh |
Drive | Chain | Starter | Electric |
MPG* | 53.30 | CO2 | 122 g/km |
Power | 110.0 kW @ 10000 rpm (150 PS) | Torque | 108.0 Nm @ 9,500rpm (79.66 lb. ft)† |
Oke bro, segitu dulu saja deh ya oret-oretan newbie mengenai sebuah motor unik nan eksotis yang satu ini. Maaf jika banyak kekurangan. Mohon dikritik bila ada kesalahan hehe.. Videonya menyusul yaa. Menurut brosist, gimana sih tentang GSX-S1000F ini? Keren apa nggak? Komen ya…
Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..
Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Baca juga artikel menarik lainnya bro..
- Short Review : Ketemu Lagi Sama Moge Eksotis, Suzuki GSX-S1000F! Cuma Satu di Indonesia, Tenaganya NGERI!
- Bertemu dan Ngetes Langsung Suzuki GSX-R1300 Hayabusa, Dream Comes True! Hyperbike Yang Cocok Sama Badan!
- Akhirnya Royal Enfield Buat Mesin Motor 650cc Dua Silinder! Pertama Dalam Sejarah RE!
- Test Ride dan Review Singkat Yamaha FZ6 Fazer S2, Khas FZ-Series, Nyaman Dan Bikin Nagih!
- Nih Dia Honda CBR1000RR Fireblade Terbaru, Nongol di GIIAS 2017, Bisa Langsung Dibeli!
- 26 Honda BigBike Owners Goes To Celebes, Tuntaskan 1.918 Km Naik Moge Honda, Nikmat!
- Kesempatan Emas Buat Owners Honda CBR di Indonesia, AHM Akan Ajak Kalian Test Honda RCV213-S!
- Honda Ajak Konsumen Honda Bigbike Ikuti Honda Asian Journey di Malaysia, Touring Keliling Malaysia dan Ketemu Marquez!
- Barisan Motor Premium Honda Siap Hebohkan GIIAS 2017! Merapat!
- Royal Enfield Tampilkan Dua Motor Kustom di Festival Wheels and Waves 2017, Keren Banget!
- Iannone dan Rins Main Ke Indonesia, Sampe Sini Malah “Bakar Ban” GSX-R150! Sadisss…
- Sentul Dipenuhi Lebih Dari 3.000 Bikers Suzuki Plus Dua Pembalap MotoGP! Suzuki Bike Meet Nasional 2018 PECAH!
- Short Review : Ketemu Lagi Sama Moge Eksotis, Suzuki GSX-S1000F! Cuma Satu di Indonesia, Tenaganya NGERI!
- Bertemu dan Ngetes Langsung Suzuki GSX-R1300 Hayabusa, Dream Comes True! Hyperbike Yang Cocok Sama Badan!
- Penggantian Part Gratis Untuk Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Apa Saja Yang Diganti? Begini Cara Ceknya Bro…
- Spyshot Suzuki Burgman Street, Inikah Maxi Scooter Lokal 180cc Suzuki Itu?
- Suzuki GSX-R150 Shutter Key System Resmi Dirilis, Beda Sejuta Aja Dari Yang Keyless! Pilih Mana?
- Ketika Yamaha R15 Pakai Striping Suzuki GSX-R, Satukan Perbedaan!
- Suzuki GSX-R150 Non Keyless Mulai Terkuak Ke Permukaan! Berikut Bocoran Harga Dan Brosurnya, Produksi Mulai Bulan Ini!
- Tahun Baru, Suzuki GSX-R150 Kembali Ke Harga Normal, Tetap Paling Value Di Kelasnya!