IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya nih bro, bahwa PT. Astra Honda Motor (AHM) baru saja memperkenalkan varian motor garuk tanah terbarunya, alias yang pertama dibuat oleh AHM di kelas ini, yap, dia adalah Honda CRF150L Lokal versi 2018! Diperkenalkan di bilangan Tangerang pada 9 November kemarin, tentu saja motor ini menjadi sorotan bagi para penggemar motor garuk tanah, sekaligus jadi perhatian seharian penuh para blogger dan media otomotif Indonesia, Wuiih! Buat brosist yang belum lihat spesifikasi dan keunggulan dari CRF terbaru ini, bisa lihat di artikel dibawah ini ya..
- Galeri Foto Honda CRF150L, Motor Trail Hemat Siap Trabas! Berikut Spesifikasi dan Keunggulannya!
- Honda CRF150L Resmi Dirilis Oleh PT. AHM, Harga Rp 31,8 Juta! Keren Banget!
Nah, seperti yang brosist udah tau juga, bahwa di Indonesia ini motor trail/garuk tanah yang dikenal ya gak lain gak bukan adalah Kawasaki KLX150 series! Varian motor jangkung 150cc dari Kawasaki ini sudah melanglangbuana di jalanan Indonesia sejak lama. Bahkan unitnya juga sudah dipakai berbagai instansi pemerintahan untuk blusukan ke tempat yang sekiranya gak bisa dijangkau pake motor biasa. Bahkan, Presiden RI pak Joko Widodo juga punya KLX150 BF lho! Waw.. Bukti bahwa nama KLX150 sudah terkenal di Indonesia.
Memang segment motor on-off road di Indonesia ini bukan segmen yang “gemuk”, artinya bukan sosok yang menjadi everyone needs. Tapi juga bukan berarti market sharenya kecil lho brosist. Artinya masih cukup menggiurkan buat sebuah motor yang memang bukan keperluan semua orang! Buktinya saja, Kawasaki KLX150 Series sukses terjual sebanyak 23.463 unit pada semester satu tahun 2017! Wuih!
Itulah yang menjadikan AHM juga turut serta menghadirkan CRF150L Lokal untuk memenuhi demand pasar dan memberikan pilihan lain kepada konsumen yang ingin membeli motor di segment ini. Seperti yang dijelaskan oleh beberapa petinggi PT. AHM di sela-sela press conference, bahwa CRF150L ini ditargetkan terjual sebanyak 35.000 unit per tahun 2018 mendatang. Naah..
Lanjut kita komparasi aja deh ya daripada kepanjangan narasinya. Saat ini kita coba komparasi Honda CRF150L 2018 vs Kawasaki KLX150 BF 2017! Seperti yang udah kita tahu ya bro, secara spesifikasi mesin CRF150L sedikit lebih unggul soal grafik tenaga dan teknologi serta fiturnya. Dari segi mesin, CRF150L sudah pakai mesin PGM-FI dan KLX150 BF masih pakai karburator di sistem pengabutannya. Dari segi fitur juga Honda CRF150L sedikit lebih unggul, karena sudah pakai speedometer full digital dengan bar indikator bensin di dalamnya. Sedangkan KLX150 series belum ada indikator bensinnya..
Soal rangka, Honda CRF150L memakai rangka double cradle yang bisa kita lihat juga di Honda Verza 150 dan Honda Megapro FI. Sedangkan KLX 150BF sudah pakai rangka double cradle, dan juga ada semacam rangka twin spar yang memegang mesin. Secara looks memang terlihat lebih tough dan kerenan rangkanya KLX150 ya bro..
Soal suspensi, di bagian depan mereka sudah sama-sama memakai suspensi Upside Down. Bedanya pada KLX150BF, fork yang dipakai berdiameter 35mm, sedangkan untuk Honda CRF150L berdiameter 37mm, yang diakui oleh AHM sebagai yang terbesar di kelasnya! Wih, iya juga ya.. lebih besar dari punya Viar Cross X 150 dan 250 juga. Pada suspensi belakang, saya rasa juga seimbang, yakni memakai suspensi yang memakai link. Untuk KLX memakai suspensi belakang Unitrak, sedangkan CRF memakai ProLink suspension.
Nah, soal ground clearance juga ternyata KLX150BF lebih tinggi sedikit dibandingkan CRF150L nih masbro. Lebih tepatnya beda 10mm. Untuk KLX150BF tingginya 295mm, sedangkan CRF150L tingginya 285mm. Mungkin akan berpengaruh pada saat dibawa trabasan di tempat yang cukup ganas nih bro. Tapi untuk soal GC saya rasa udah sangat cukup nih dengan ukuran Velg dari masing-masing motor yang 21-18, udah cukup buat adventurean ringan!
Soal tangki bensin juga ternyata lebih besar CRF150L sedikit, tepatnya beda 0,3L. Ga terlalu beda jauh sih tapi ya lumayan tuh buat saving sedikit saat trabasan hehe.. Untuk berat motor sendiri KLX lebih ringan 4kg daripada CRF bro.
Langsung aja kita lihat yuk tabel spesifikasi dari kedua motor ini…
Kawasaki KLX 150 BF | Honda CRF150L | |
FRAME | ||
Suspensi Depan | 35 mm inverted fork | 37 mm inverted fork |
Suspensi Belakang | Uni-Trak, with 5-way adjustable preload | Pro-Link Suspension |
Rem Depan | Wave disc 240 mm twin-piston | Wave disc 240 mm twin-piston |
Rem Belakang | Wave disc 190 mm single-piston | Wave disc 220 mm single-piston |
Ban Depan | 2.75 – 21 45P | 2.75 – 21 45P |
Ban Belakang | 4.10 – 18 59P | 4.10 – 18 59P |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2,070 mm x 825 mm x 1,155 mm | 2.119 X 793 X 1.153 mm |
Jarak Poros Roda | 1.340 mm | 1.375 mm |
Jarak ke Tanah | 295 mm | 285 mm |
Berat | 118 kg | 122 kg |
Kapasitas Bensin | 6.9 liter | 7.2 liter |
Beralih ke bagian mesin. Bagian yang paling vital untuk menjalankan sebuah kendaraan bermotor nih bro. Baik Kawasaki KLX150BF maupun Honda CRF150L menggunakan mesin 150 cc SOHC 1 silinder 2 katup, dengan mengandalkan pendingin udara sebagai cooling systemnya. Namun yang membedakan adalah Kawasaki KLX 150 masih menggunakan karburator, sedangkan Honda CRF150L sudah menggunakan injeksi. Memang menjadi sebuah perdebatan nih bro di kalangan para penggemar offroad, yang menurutnya memakai mesin dengan karburator akan jauh lebih simple dibandingkan injeksi saat sedang offroad. Namun menurut penjelasan dari Pak Eddy selaku bagian kepala Teknisi di PT. AHM, CRF150L sudah disetting sedemikian rupa agar injeksinya lebih mudah digunakan di saat offroad, dan tentunya akan lebih irit serta efisien.. Hmm, lets seee!
Kawasaki KLX 150 BF | Honda CRF150L | |
ENGINE | ||
Tipe | Air-cooled, 4-stroke Single | Air-cooled, 4-stroke Single |
Maksimum Power | 8.6 kW (12 PS) @ 8.000 rpm | 9,51 kW (12,91 PS) @ 8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 11.3 N.m @ 6.500 rpm | 12,43 Nm @ 6.500 rpm |
Diameter x Langkah | 58.0 x 54.4 mm | 57.3 x 57.8 mm |
Volume Silinder | 144 cc | 149.15 cc |
Valve System | SOHC, 2 valves | SOHC, 2 valves |
Perbandingan Kompresi | 9.5:1 | 9.5:1 |
Jumlah Transmisi | 5-speed, return | 5-speed, return |
Soal power dan torsi mesinnya, Honda CRF150L unggul dengan tenaga maks 12,91 PS dan torsi 12,43 Nm. Sedangkan Kawasaki KLX 150 sanggup mengeluarkan power sebesar 12 PS dan torsi 11,3 Nm dari mesin yang sama-sama aircooled dan SOHC 2 Valve. Hmm, harus dibuktikan langsung di medan on road dan offroad nih kalo soal tenaga. Tapi kemarin saya udah coba Testride dan Review CRF150L 2018 buat Offroad, ternyata… (simak langsung nanti di artikel selanjjutnyaa! :D).
Dari segi harga, Kawasaki KLX 150BF sendiri dipasarkan dengan harga Rp. 32.800.000, sedangkan Honda CRF 150 dipasarkan dengan harga RP. 31.800.000. Ada selisih harga satu juta rupiah nih bro antara CRF150L dengan KLX150BF. Saya gak mau komen terlalu banyak tentang harga nanti diserang wkwkwk..
Oke deh bro, semoga bisa jadi referensi yah buat yang lagi pengen beli motor 150cc garuk tanah! Yang pasti kudu ditimbang-timbang dulu, segala plus minusnya biar bisa tenang pakainya sehari-hari :D.
Semoga berguna!
Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..
Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
- Berikut Perbedaan Honda All New PCX150 Versi ABS dan CBS, Sama-Sama Valuable di Harganya!
- Adu Spesifikasi Honda CRF150L 2018 Vs Kawasaki KLX150BF 2017, Pilih Mana?
- Adu Tampilan Suzuki GSX-S150 vs Yamaha Byson, Ramping vs Gambot! Pilih Mana?
- Adu Raungan Suara Knalpot Suzuki GSX-R150 VS Yamaha All New R15 VVA… Mana Yang Lebih Garang?
- Battle Of 250cc 2 Cylinder ; Kawasaki Ninja 250FI Kembali Salip Penjualan Honda CBR250RR, R25 Mana?
- HOT! Power Yamaha All New R15 VVA Ternyata Lebih Besar Dari Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R! Kok Bisa??
- Intip 20 Motor Terlaris di Indonesia Bulan Januari 2017, Motormu Masuk Gak Nih?
- Honda CBR250RR Lampaui Penjualan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 ; Waktunya Sang Rival Untuk Berbenah!
- Ketika Honda All New CBR150R Diadu Lawan Suzuki GSX-R150, Siapa Yang Menang?
- Komparasi Power Yamaha All New R15 vs Honda All New CBR150R vs Suzuki GSX-R150 ; Persaingan Makin Panas!
- Offroad Di Hambalang Bareng Wahana Honda dan Komunitas Offroad Pakai CRF150L, Seru dan Menantang! Nagih? Jelas! (Part 1)
- Akibat Kurang Teliti Memodifikasi, Honda CRF150L Anyar Kebakaran! Hal Kecil Fatal Akibatnya!
- Baru Sebulan Launching, Honda CRF150L Dipercaya Jadi Armada Tim Anti Bandit Polrestabes Surabaya!
- Review Harian Honda CRF250 Rally Di Perkotaan, Di Luar Ekspektasi! Motor Idaman Pria Gagah Berani…
- Test Ride dan Review Singkat Honda CRF150L di Habitat Aslinya ; Suspensi Mantab, Tenaga Cukup! Cocok Buat Pemula!
- Adu Spesifikasi Honda CRF150L 2018 Vs Kawasaki KLX150BF 2017, Pilih Mana?
- Modifikasi Honda CRF150L Supermoto, Luar Biasa Gantengnya! Definisi Keren Yang Hakiki!
- Galeri Foto Honda CRF150L, Motor Trail Hemat Siap Trabas! Berikut Spesifikasi dan Keunggulannya!
- Review Sorot Lampu Honda CRF250 Rally, Mampukah Menerangi Jalanmu Yang Gelap?
- Berapa Tinggi Badan Yang Cocok Supaya Bisa Naik Honda CRF250 Rally?
Pilih Suzuki hahahaha…
LikeLike
Durung ana pak.. Wkwkwk
LikeLike
Torsi n power gede crf.
Kalo power to weight rasio gede mana mas.
Rangka crf apa sudah dobble craddle ?? Kayak yg di tulis diatas.
Bagusan mana sih dobble craddle sama single
LikeLike
Pingback: Test Ride dan Review Singkat Honda CRF150L di Habitat Aslinya ; Suspensi Mantab, Tenaga Cukup! Cocok Buat Pemula! | IndoRide.com
Pingback: Ini Dia Harga dan Cicilan Honda CRF150L di Kota Bogor, DP 3 Jutaan Bisa Langsung Bawa Pulang! | IndoRide.com
Pingback: Baru Sebulan Launching, Honda CRF150L Dipercaya Jadi Armada Tim Anti Bandit Polrestabes Surabaya! | IndoRide.com
Pingback: Modifikasi Honda CRF150L Livery Repsol MotoGP, Ketika Fans Marquez Hobi Main Tanah! | IndoRide.com