IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!
Buat brosist yang punya motor sport Yamaha, khususnya motor sport Yamaha djadoel macam Vixion old, Byson, atau Scorpio (new), pasti ngerasain nih yang namanya lampu sen/sign lamp patah! Sebenernya mungkin karena hal-hal yang sepele banget, tapi lampu sen bisa patah, kan ngeselin ya!
Apalagi kalau masalahnya cuma kenak senggol dikit, atau nyenggol kendaraan lain, bahkan nyenggol tembok langsung patah, haduuh kesel lah pasti. Nah, kebetulan, si Edward alias Yamaha Byson tahun 2012 yang jadi sahabat saya selama ini udah mulai bermasalah di bagian lampu signnya ini brosist.
Jadi hal yang lumrah banget, buat lampu sen berbentuk oval dan panjang ini, untuk patah di bagian karet tengahnya. Lampu sen berkode 3C1 ini memang rawan banget patah di karetnya, karena karetnya getas kena hujan, panas, dll, sehingga lama kelamaan bakal retak dan patah deh. Ditambah kalau brosist sembrono (kayak saya), pasti lebih cepet patahnya.
Ya, di umurnya yang kurang lebih 5 tahun ini, lampu sen si Edward udah patah. Sebelumnya saya akali dengan dilem menggunakan lem korea, gak mempan. Akhirnya dikasih lem+karet ban dalem! Kuat sih, tapi jadi jelek, dan ga bertahan lama sampai harus patah lagi karena ditabrak Vespa beberapa waktu lalu… Huft.
Baca berita tentang Byson lainnya brosist :
- Yamaha Byson FI Terbaru Pakai Cakram Belakang Di India, Indonesia Kapan Ya?
- Ganti Bosh Dan Bearing Arm Yang Oblak, Solusi Hilangkan Goyang Saat Nikung!
- Spion Pulsar 200NS, Cocok Buat Semua Motor Yamaha! Racun Murah Meriah Fungsional!
- Nyobain Ban Aspira Premio Sportivo di Yamaha Byson ; Impresi Awal Sih Enak, Ngegrip Mantap!
- Adu Tampilan Suzuki GSX-S150 vs Yamaha Byson, Ramping vs Gambot! Pilih Mana?
- Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!
- Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!
- Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja!
- Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented!
- Spyshot Motor Naked Baru Yamaha Terjepret Di India,Calon Byson Kencang Ini! Pakai Mesin Scorpio!
Akhirnya dengan sen ngampleh-ngampleh, saya cari cara supaya bisa dipake lagi. Sayang kan kalau harus beli lampu sen lagi? Mana harganya lumayan. Bisa 200an ribu untuk 4 buahnya! Mending buat beli materai… eh nasi padang 20 hari!
Oke skip. Lanjut ke tutorialnya ya. Singkat cerita, saya browsing dan ketemu caranya. Gampang bener ternyata brosist untuk membuat lampu sen ini terlihat keren lagi. Yakni dengan cara menghilangkan karet bagian tengahnya yang jadi sumber masalah. Bentuknya yang terlampau panjang dan mudah getas memang jadi masalah awal mengapa banyak pengguna motor sport jadoel yamaha (termasuk R25 dan MT25 maybe) patah lampu sennya..
Sip! modal cuma ceban, atau menyesuaikan harga baut di dekat rumah brosist sekalian. Saya beli 4 buah baut, beserta ring dan murnya. Untuk yang bagian belakang, usahakan beli ring yang agak lebar, soalnya bagian belakang lubangnya juga lebih lebar nih brosist dari yang depan. Siapkan juga obeng, kunci 7, kunci 14, kopi serta gorengan bila perlu.
Oke, step 1. Kerjakan bagian depan dulu biar mudah. Buka headlamp, buka kupingannya, hingga kelihatan dudukan lampu sennya. Lalu, lihat ada baut ukuran 7 disitu, buka bautnya dan juga dudukannya brosist. Buka juga dua buah socket lampu sen yang ada.
Step 2. Lepas mika lampu sen, dan buka slider yang ada di bagian bawahnya. Tujuannya supaya brosist bisa melepas karet yang sudah patah tadi. Lalu pasang kembali slidernya tadi. Masukkan baut ukuran 14 tadi ke dalam. Ingat, masukinnya dari bagian dalam ya. Supaya nanti masang murnya dari luar dan mudah dikendorin/dikencanginnya. Kurang lebih seperti ini :
Step 3. Pasang lagi mika lampu sennya, lakukan hal ini kepada lampu sen satunya lagi.
Step 4. Ini step yang menentukan brosist. Gabungkan lampu sen modifikasi kita ini dengan kupingan Byson/ Vixion bila anda punyanya Vixion. Sesuaikan tingginya supaya posisi lampu gak terlalu ke bawah, malah jadi gak kelihatan nanti dari depan. Tinggal pasang ring, dan kencangkan deh. Mudah banget!
Gabungkan lagi socket-socketnya, pasang lagi headlampnya, dan tadaaa! Modal goceng- 6 rebu (untuk bagian depan), jadi joss lagi nih, ga ngampleh lagi lampu sennya! Hhahaha..
Terus untuk yang belakang gimana? Tenang… Prosesnya sama saja brosist! Cuma yang belakang agak sedikit lebih ribet, karena harus buka body belakang full sampai ke spakbornya.
Buka dulu body belakang, lepas spakbornya dan socket-socket lampu belakang. Ada 3 rangkaian socket di spakbor belakang ini brosist, sebaiknya ditandai supaya gak salah pasang.
Setelah spakbor terlepas, urutkan dan lepaskan satu persatu kabel yang ada di spakbor belakang tadi brosist. Lepas dulu bagian atas spakbornya (spakbor belakang itu ada tutupnya, jadi semacam pelindung kabel.). Lepas dulu bagian tersebut, baru brosist bisa lepas kabelnya satu persatu. Yang dilepas lampu sennya aja ya, jangan lampu rem juga, ribet nanti.
Nah, setelah dilepas, ulangi prosesi seperti diatas. Bedanya, untuk di bagian belakang, ringnya pakaikan yang lebar ya, supaya pas sama lubangnya. Oke siip!
Kalau udah selesai, tinggal rakit lagi spakbor, body belakang, dudukan CDI, dan juga body sampingnya. Kelar deh! Modal ga sampe ceban udah bisa kece lagi motornya, tentu cocok buat kaum-kaum yang dompetnya tipis terus sepanjang bulan kayak saya! Wkwkwk..
Pastinya kreatifitas dan ketelitian juga dibutuhkan ya brosist. Selesai ngoprek, pasti ada rasa bangga bisa nyelesain masalah motor sendiri tanpa harus keluar biaya banyak! Yaaa alhamdulillah deh, jadi duit di dompet yang tinggal beberapa lembar warna hijau bisa terselamatkan… wkwkwkwk :D.
*NB : Buat yang motornya Scorpio New, Vixion Old, R25 atau MT25 bisa ikutin juga tutor ini. Secara sennya sama hehehe…
Semoga berguna ya brosist!
Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.
Wassalamualaikum.
Written by Alki Rahmatullah
Follow me on..
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride
- Ganti Bosh Dan Bearing Arm Yang Oblak, Solusi Hilangkan Goyang Saat Nikung!
- Berikut Tips #Cari_Aman Saat Berkendara Dari Team Safety Riding Wahana Honda, Simak Bro!
- Pasang Shockbreker dan Speedometer Yamaha Nmax 155 Facelift 2018 Ke Versi Lama? Bisa! Begini Caranya..
- Ban Tubeless Kempes Terus Padahal Ban Masih Bagus? Ini Dia Penyebabnya!
- Berapa Tinggi Badan Yang Cocok Supaya Bisa Naik Honda CRF250 Rally?
- Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan Dari PT. DAM, Tetep #Cari_Aman!
- Butuh Aplikasi Buat Ngobrol Sesama Bikers Soal Motormu? Pakai Moladin Aja Bro!
- Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!
- Kebiasaan Cuci Motor Di Musim Hujan, Buat Apa Kalau Kotor Lagi?
- Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!
- Yamaha Byson FI Terbaru Pakai Cakram Belakang Di India, Indonesia Kapan Ya?
- Ganti Bosh Dan Bearing Arm Yang Oblak, Solusi Hilangkan Goyang Saat Nikung!
- Spion Pulsar 200NS, Cocok Buat Semua Motor Yamaha! Racun Murah Meriah Fungsional!
- Nyobain Ban Aspira Premio Sportivo di Yamaha Byson ; Impresi Awal Sih Enak, Ngegrip Mantap!
- Adu Tampilan Suzuki GSX-S150 vs Yamaha Byson, Ramping vs Gambot! Pilih Mana?
- Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!
- Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!
- Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja!
- Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented!
- Spyshot Motor Naked Baru Yamaha Terjepret Di India,Calon Byson Kencang Ini! Pakai Mesin Scorpio!
Keren jadinya
http://imotorium.com/2017/04/10/result-motogp-argentina-2017-juara/
LikeLike
nice tips gan\
—
Perbedaan motor yang dijual lokal dan ekspor
http://rpmsuper.com/perbedaan-motor-pasar-domestik-dan-ekspor/
LikeLike
Itulah gunanya KeReAktip😂 thansk u sdh mau kasih ide😃
LikeLike
Sipp gan samasama
LikeLike
Pingback: Modifikasi Minimalis Suzuki GSX-S150 Warna Merah Kombinasi Emas, Cakep Maksimal! | IndoRide.com