IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!
Waduh,liat post terakhir sudah lebih dari 2 minggu lalu,berarti saya sudah 2 minggu ga nulis di blog ini. Habis mau gimana lagi yah… Sektor riil lagi lucu-lucunya nih,bikin ribet banget,setiap hari sampe rumah langsung tepar ga sempet bikin artikel 😦 #curhatdikit.
Lagi hangat masalah apa nih di jagat blogsphere? Saya ketinggalan banyak kayanya ya.. Yasudah,mending ngomongin hal yang baru aja saya kerjain kemarin nih. Yap,berawal dari papa (bapak saya) yang mengeluhkan bahwa Honda Beatnya udah kurang enak buat dibawa jalan,saat akselerasi selalu bergetar hebat,dampaknya jadi kurang nyaman buat dibawa keseharian papa yang seringkali pergi jauh/hanya dipakai di sekitaran rumah saja.
Nampaknya ini bukan dari oli,karena oli baru saya ganti sekitar 2 bulan yang lalu. Dan olinya… you know lah.. ini dia :
Karena papa kurang ngerti masalah motor,(sebenernya saya juga ga ngerti sih),akhirnya doi memberikan kepercayaan penuh ke saya 😎 ,untuk servisin motornya. Apakah saya yang servis sendiri? Oh tentu tidak,saya dengan halus akan mengangkat kedua tangan tanda menyerah kalau disuruh servis sendiri. Bongkar sih bisa,masangnya lagi belum tentu… hahahaha..
Berita lain tentang Honda Beat,cekidot :
- Ini Dia 8 Pilihan Warna Dan Harga New Honda Beat FI 2016
- Honda Resmi Meluncurkan New Beat 2016 ; Speedometer Dan Velgnya Keren!
- Sangar! Seperti Inikah Wajah Baru Honda New Beat FI 2016?
Tadinya mau dibawa ke bengkel matic yang rada bagusan,rekomendasi temen saya yang biasa servis disana. Tapi karena waktu mepet,dan Papa saya mau pakai motornya sesegera mungkin,akhirnya dibawalah ke bengkel dekat rumah,yang kinerjanya juga bisa dibilang bagus lah,ga terlalu mengecewakan untuk servis-servis ringan.
Plus,disana terkenal jual sparepart ori dengan harga yang lebih miring (bahkan ane sering lihat pegawai BeRes beli part disitu,tanya kenapah?). Oke,langsung masukin si Mbit ke pitstopnya,beruntung saat itu bengkel nggak terlalu ramai.
A ; Saya,B ; Kang bengkel
A : Mas,ini matic saya geter kalo jalan,kira-kira napa ya?
B : Oh ya mas,itu bisa jadi rollernya peyang,bisa jadi juga beltnya udah jelek,dan bisa jadi kampas gandanya udah tipis. Dibongkar dulu aja mas nnt ketahuan
A : Yauds,bongkar dah.
Akhirnya dibongkar lah CVT si Imut Mbit. Satu persatu part didalam box CVT ditanggalkan. Tibalah saat yang ditunggu-tunggu,ngecek part yang udah aus.
Cek Roller,masih oke banget. Begitupula dengan Vanbelt,yang kondisinya masih mantap juga. Berarti memang benar kampas gandanya kudu ganti nih,secara dari si Mbit bareng saya,ini part belum diganti sama sekali,mungkin juga belum diganti dari baru.
A : Mas,kampas ganda kudu diganti. berapaan itu?
B : Kampas ganda 120 ribu ama pasang,mau ga?
A : Yaudah ganti.
Akhirnya ganti kampas ganda. Pilih yang ori supaya jangka waktu pemakaian bisa lebih lama dan tentu lebih nyaman makenya. Dibongkar sekalian dibersihin daleman CVTnya yang udah penuh sama debu. Sayangnya,bengkel yang satu ini masih ngambil bensin dari tangki bensin motor konsumen buat bersihin part-part yang mau dibersihin. Bukannya pelit,cuma pas banget kelupaan ngisi bensin kemarin. Jadilah motor mogok dan harus nyari bensin eceran dulu… Grrrr….
Pasang lagi setelah semuanya dibersihin,dan betul saja. Getaran sukses hilang saat akselerasi. Ternyata benar,masalahnya ada di kampas ganda,yang fungsinya juga cukup vital untuk motor matic.
Total habis sekitar 150 ribu sama ongkos pasang dan tipnya. Cukup murah ya,untuk part yang cukup vital. Mengingat nih motor juga dipakai buat kerja keras,so perawatan juga kudu nomor satu supaya ga ngambekan. Motor dipakai buat cari duit,kalau motornya gak dirawat nanti duitnya ga berkah… #ehh wkwkwkkw.
Okee sekian dulu ya brosist curhat singkat saya tentang perawatan berkala si Mbit Imut alias Honda Beat 2014 ini. Jangan lupa,motor kesayangan harus selalu dirawat yaa! Hehehe..
Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.
Wassalamualaikum.
Written by Alki Rahmatullah
Follow me on..
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Ganti Bosh Dan Bearing Arm Yang Oblak, Solusi Hilangkan Goyang Saat Nikung!
Berikut Tips #Cari_Aman Saat Berkendara Dari Team Safety Riding Wahana Honda, Simak Bro!
Pasang Shockbreker dan Speedometer Yamaha Nmax 155 Facelift 2018 Ke Versi Lama? Bisa! Begini Caranya..
Ban Tubeless Kempes Terus Padahal Ban Masih Bagus? Ini Dia Penyebabnya!
Berapa Tinggi Badan Yang Cocok Supaya Bisa Naik Honda CRF250 Rally?
Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan Dari PT. DAM, Tetep #Cari_Aman!
Butuh Aplikasi Buat Ngobrol Sesama Bikers Soal Motormu? Pakai Moladin Aja Bro!
Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!
Kebiasaan Cuci Motor Di Musim Hujan, Buat Apa Kalau Kotor Lagi?
Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!
Sip tunggangan emg kudu dirawat
LikeLike
Ane juga mau check nih, motor tunggangan, ane ..
LikeLike
Josss om…
LikeLike
beat fi nya sudah berapa kilometer ? punya saya tahun 2013 sudah 18.000 km masih bagus kampas kopling gandanya. malah cvt agak retak dan roller-roller sebagian dah peyang.
LikeLike
Km 18 ribuan,ini saya beli second entah yg dulunya pemakaiannya gmn..
LikeLike
Tepat di angka odometer 29.000 beat fi saya baru ganti vanbeltnya…
LikeLike
Pingback: HOT! Honda Scoopy Terbaru Lebih Cantik Dengan Segudang Fitur, Launching Akhir Maret? | Indoride.com
wah masih lumayan rendah ya kilonya,,
getarnya di stang ya ? kayak speeso meternya ada suara gerung?
LikeLike