IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!
Ceritanya hari Sabtu tanggal 23 Juli lalu,saya main-main ke salah satu dealer besar Yamaha di kota Depok. Dengan maksud untuk mencari Kampas Kopling Yamaha Scorpio yang berkode 5BP,nampaknya sih sama dengan kode kamkop Yamaha Byson yang dijual dengan harga yang lumayan mahal untuk 5pcsnya. Sedangkan untuk kamkop Yamaha Scorpio ini dijual dengan kisaran harga 25ribuan per pcsnya,atau 126 ribu per set. Murah kan? Lumayan lah.
Sebelumnya udah cari-cari ke dealer Yamaha juga deket rumah. Kamkop Pio dijual dengan harga 145 ribu,alias dengan harga eceran tertinggi,serta biaya pasang yang cukup menguras kantong,65 ribu rupiah untuk pemasangan kamkop. Gile bener pikir saya. Akhirnya balik lagi ke salah satu dealer Yamaha yang cukup besar ini. Dengan ongkos pasang 30 ribu,akhirnya saya setuju,dengan total 156 ribu rupiah untuk penggantian kampas kopling.
Antrian bengkel di hari Sabtu pagi memang sungguh memuakkan. Kayaknya di semua jasa pelayanan emang kayak gini ya kalau sabtu? Ramai,dan semuanya terasa tergesa-gesa. Saya tahu pasti hasilnya gak akan memuaskan kalau sesuatu dikerjakan tergesa-gesa gini. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan booking dulu,dan balik lagi agak sorean.
Dapet antrian dan langsung masuk di jam 14.00. Ga pake antri lagi karena saya tinggal pulang.. wkwk. Si Kebo pun langsung masuk R Pit,karena R Pitnya lagi kosong.. Yang ada diisi aja kata masnya.. wkwkwk.
Oli dikosongkan,bak mesin bagian kanan pun dibuka. Satu persatu baut dikendurkan dan dikeluarkan dari rumahnya. Setelah terbuka,nampak rumah kopling dan juga part-part lainnya didalam situ terlihat sangat bersih. Heran saya,apa ini efek Oli Sesat yang biasa saya pakai? Entahlah..
Lanjut,kamkop yang dibutuhkan untuk Yamaha Byson adalah 4 buah saja brosist. So ada sisa 1 buah yang gak digunakan,bisa kita tabung buat penggantian kamkop nantinya.. Sebenarnya untuk kebo dibawah tahun 2012,alias yang pakai blok mesin warna abuabu,bisa pakai 5 kampas kopling secara langsung,karena ruangannya muat. Tapi karena si kebo bule ini taun 2012,jadinya gak bisa deh.
Pas selesai,ada masalah lagi.. Gasket atau pakingnya sudah bolong,jadi gak bisa dipasang lagi. Dan parahnya lagi,paking buat Byson sama sekali gak tersedia disana. Walahh.. Padahal nih motor gak jadul-jadul amat ya. Akhirnya nyari ke bengkel biasa dan nemu,langsung beli dan pasang..
Mesin dinyalakan dan ditest oleh sang mekanik. Ga sabar langsung saya bayar dan tongkrongin nih motor buat ditest.
Impresi
Impresinya,tenaga jadi terasa ngisi lagi. Setelah sebelumnya perpindahan antar gear terasa kosong dan loyo,sekarang mulai terasa ngisi lagi brosist. Dan terasa juga lumayan nyentak saat pindah transmisi. Mantap deh pokoknya,dan PNP lagi. Review-review para penunggang kebo diluar sana ternyata gak bohong ya hehe..
Next time mungkin akan saya aplikasikan juga per kopling tiger supaya tenaga jd berasa tambah ngisi. Ya tapi bener bener gak boleh lengah nih brosist,soalnya bisa berabe banget.. Nantinya kalau tenaga motor enak jadi bikin kita keenakan dan lengah,jadilah ndlosor seperti saya kemarin.. Untung jalanan relatif lengang dan gak nabrak apa-apa. Jadi jatoh konyol aja.. Jangan ditiru yaa.. XD.
Last,semoga berguna bagi para penunggang kebo diluar sana yang merasa motornya sudah kurang tenaganya. Selain kampas kopling,mungkin bisa jadi kondisi mesin,kondisi pengapian,atau part lainnya yang bikin tenaga loyo. Ya seenggaknya satu masalah sudah terselesaikan deh ya.. Kamkop Pio buat Byson? Pilihan terbaik menurut saya..
Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.
Wassalamualaikum.
Written by Alki Rahmatullah
Follow me on..
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Yamaha Byson FI Terbaru Pakai Cakram Belakang Di India, Indonesia Kapan Ya?
Ganti Bosh Dan Bearing Arm Yang Oblak, Solusi Hilangkan Goyang Saat Nikung!
Spion Pulsar 200NS, Cocok Buat Semua Motor Yamaha! Racun Murah Meriah Fungsional!
Nyobain Ban Aspira Premio Sportivo di Yamaha Byson ; Impresi Awal Sih Enak, Ngegrip Mantap!
Adu Tampilan Suzuki GSX-S150 vs Yamaha Byson, Ramping vs Gambot! Pilih Mana?
Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!
Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah!
Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja!
Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented!
Spyshot Motor Naked Baru Yamaha Terjepret Di India,Calon Byson Kencang Ini! Pakai Mesin Scorpio!
Pingback: Impresi Awal Pasang Karburator RX King Di Yamaha Byson ; Brebet Sirna Sudah! | Indoride.com
Pingback: Sesat Tak Berkesudahan,Pakai Pledge Pengkilap Mebel Untuk Body Motor ; Bisa Buat Ngaca Bray!! | Indoride.com
Pingback: Pasang Spion X-Ride Di Yamaha Byson ; Murah Meriah.Fungsi Maksimal! | Indoride.com
Pingback: Wah,Yamaha Byson Karbu Masih Didistribusikan Dari Dealer!! Ternyata Dia Masih Dicintai… | Indoride.com
Pingback: Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented! | Indoride.com
bos klw berisik pakai nano energizer itu lho,,, work perfectly in my motorcycle,,,
LikeLike
Byson nya om alki jg bisa koq pake 5 kampas, cek/search aja postingan sya (febratha) di grub ldic buat detailnya #cmiiw
LikeLiked by 1 person
Wah bisa kah om? Saya belum baca nih hehe
LikeLike
Ini link nya om, monggo..
https://m.facebook.com/groups/1498748410385726?view=permalink&id=1785736818353549
Lebih nyus lagi dipasang 6 per jg kali yak :p
LikeLike
Pingback: Wow.. Yamaha Byson FI 2017 Ada Warna Baru Yang Lebih Keren, Harga 22 Jutaan Saja! | Indoride.com
Pingback: Memperbaiki Seal Shock Depan Byson Yang Bocor, Mudah Tapi Gak Murah! | Indoride.com
Plat geseknya pake pny yg ada apa ganti bro?
LikeLike