IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!
Penggunaan oli mesin Diesel dan mesin bensin Mobil pada sepeda motor akhir-akhir ini sedang ngehits nih brosist. Mungkin memang sudah dari dulu ngehits,tapi saya baru tahu akhir-akhir ini. Oli diesel dan oli mobil ini dipercaya oleh sebagian orang yang mengaku dirinya ‘sesat’ untuk melumasi bagian dalam mesin motornya. Oli-oli yang digunakan untuk truk/mobil ini,dianggap memberikan efek yang cukup signifikan kepada sepeda motornya.
Yang antara lain menjaga suhu mesin agar selalu optimal,mendapatkan peningkatan performa dengan harga oli yang minimal,lalu tentu saja sesuai misi awal yaitu Long Drain,alias interval waktu pemakaian sang oli didalam mesin haruslah cukup lama,atau bisa bertahan lama,sehingga bisa menyelamatkan lingkungan dengan lebih sedikit oli yang dibuang..
Para suhu di grup oli ‘sesat’ ini,tentu sudah melakukan berbagai research dan dilakukan oleh orang yang bisa saya bilang cukup ahli. Mereka meyakini,bahwa oli mobil/oli diesel dengan oli motor itu sebenarnya sama-sama bisa dipakai di motor. Hanya,ada sedikit persyaratan yang harus dipatuhi ketika ingin belajar sesat,seperti ada beberapa oli yang tidak bisa dipakai oleh motor kopling basah,karena ada kandungan yang bisa membuat selip kopling.
- Valentino Rossi Mengalami Patah Kaki Saat Latihan Motocross, Harapan Meraih Juara Dunia Semakin Tipis!
- Yamaha Force 155, Kembaran Yamaha Aerox 155 Dengan Monoshock Tengah dan Dek Rata ; Cocok Masuk Indonesia Nih!
- KTM Indonesia Rilis New Duke 250 dan Duke 390, Lampunya Makin Sadis, Desain Makin Sangar!
- Jambore Nasional Ke-2 Honda CB150R Streetfire, 2500 Motor Ikut Meramaikan!
- Honda Resmi Rilis All New Scoopy 2017 ; Harga 17,8 Juta, Ada 8 Varian Menggemaskan!
- Press Release : Suzuki Resmi Merilis New Smash FI, Kini Pakai Mesin 115cc Yang Lebih Efisien!
- Review Dashboard dan Fitur Speedometer Honda CBR250RR ; Mewah, Lengkap, Fungsional!
- Desain All New Vixion 155 Dari Julak Sendie Ini Keren Abis, Jadi Lebih Kekar!
- Ini Dia 10 Motor Terlaris Bulan Januari 2017, Nomor Satu Menggila!
- Aksesoris Resmi Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150 ; Bikin Tambah Kece!
Lantas,apakah semua setuju dengan hal ini? Tidak. Anggap saja,saya dalam posisi netral disini. Banyak yang menganggap,bahwa penggunaan oli mobil maupun oli mesin diesel,akan merusak mesin dengan karakternya yang tidak kuat digeber di putaran mesin tinggi,lalu karakter oli yang lebih kental,dan sebagainya. Tentu selalu ada pro dan kontra di setiap tindakan.
Banyak juga yang berujar,bahwa memakai oli yang tidak dianjurkan (untuk motor),dapat membuat motor menjadi rusak,dan part-partnya jadi tidak awet seperti saat memakai oli motor tuh brosist. Ada pula yang meyakini,bahwa putaran mesin motor yang bisa menyentuh angka belasan ribu rpm,tak akan kuat dibendung oleh oli mobil maupun oli mesin diesel,yang rata-rata hanya berputar dibawah 10 ribu rpm. They said…
Adalagi argumen,bahwa oli yang harus dipakai kedalam mesin motor itu harus memenuhi standar JASO MA untuk motor kopling basah/manual,dan JASO MB untuk motor kopling kering/matic,tak lupa harus juga menyertakan API Service di botolnya. Sertifikasi ini dianggap wajib bagi sebagian orang,agar motornya tetap aman dan tidak mengalami slip kopling. Please correct me if i wrong.
Namun yang tetap diyakini oleh punggawa-punggawa alias Suhu di grup LDIC alias Long Drain Interval Community ini,bahwa sebelum tahun 90an itu tidak ada sertifikasi semacam JASO ataupun API Service,dan kandungan dari oli motor maupun mobil dan diesel itu sebenarnya identik. Hanya saja,oli mobil dan oli diesel didesain lebih durable dan lebih tahan terhadap panas,serta memberi performa yang lebih baik.. Please correct me again if i wrong.
^beberapa oli sesat favorit
Nah,diantara perdebatan yang sering saya pantau di grup-grup motor,banyak pro dan kontra ketika ada seseorang yang membuat status tentang oli sesat. Tak jarang,mereka beradu argumen hingga berkata-kata kasar.. Milih oli kayak jaman pemilihan presiden aja nih,hehe.
Yang namanya sesuatu yang baru,terobosan baru,pastinya ada yang setuju,dan ada juga yang tidak setuju ya brosist. Setuju ikutin,gak setuju tinggalin,kira-kira begitulah mungkin bijaknya yang bisa kita lakukan. Gak perlu sampai jotos-jotosan dan adu urat berlebihan saat ngomongin oli.
Saya mungkin gak akan bahas soal spesifikasi teknis dari oli-oli tersebut,dan bagaimana kerjanya didalam mesin. Maklum,bukan lulusan otomotif maupun kimia,jadi kurang ngerti bahas ginian. Untuk referensinya sendiri,saya lebih suka baca di internet soal spesifikasi oli-oli yang jadi perdebatan tersebut. Dan,membaca-baca sedikit tentang sertifikasi yang disematkan pada oli-oli tersebut.
So,what is your choice brosist? Saya sendiri sudah mencoba menggunakan oli sesat ini di dua kuda ‘plastik’ kesayangan saya,yakni si Kebo Yamaha Byson dan Evita Revo 100. Hasil reviewnya,brosist bisa lihat di artikel-artikel ini ya..
- Review : Cekokin Oli “Sesat” Fastron Techno Ungu Ke Yamaha Byson,Bagaimana Impresinya?
- Akhirnya Mengaplikasikan Oli “Sesat” Ke Honda Revo 100,Bagaimana Impresi Awalnya?
- Review Pemakaian Oli Sesat Setelah 500 Kilometer di Honda Revo 100,Bagaimana Impresinya?
- Service Pertama Setelah 1000km Bersama Oli Diesel “Menyimpang”,Sebaiknya Jangan Ditiru Brosist!
Berawal dari kekecewaan saya terhadap oli motor yang rasanya kurang greng,apalagi performa yang dihasilkan oleh si Revo saat itu,sudah sangat loyo bila menyentuh 1000km lebih dengan oli motor buatan si Kerang Kuning. Atas dasar kecewa,dan nekat juga (belum puas kalau belum coba),akhirnya saya beranikan diri untuk tuang oli diesel ke si Revo. Yah maklum,namanya anak kuliahan,selalu pengen yang enak tapi cari yang paling murah. XD.
Perdebatan tentang oli diesel/oli mobil pada sepeda motor ini sampai sekarang masih panas ketika jadi sebuah topik di grup motor. Tentunya ada plus dan minus dari semua hal baru yang kita coba ya brosist. Saya disini mencoba netral,tidak memojokkan satu pihak manapun. Hanya share sedikit pengalaman yang mungkin bisa jadi referensi untuk brosist sekalian.
Kalau di grup LDIC Facebook yang saya ikuti sih,kabarnya memang welcome untuk semua user oli tuh brosist. Asal,bisa long drain,gak melulu harus HDEO/PCMO,asal bisa bertahan cukup lama di mesin,they are the resources savers! :D.
So,gimana brosist? It’s your choice..Kalau saya saat itu memang sudah nekat dan penasaran,jadi resikonya tetap ditanggung sendiri ya! Sampai saat ini sih,resiko yang saya dapat cuma sering ganti kampas rem sama ban cepet gundul karena pakai oli sesat.. Ada pengaruhnya kah???
^Mesin dibelah setelah memakai oli sesat.
Apapun olinya,semoga tetap bisa digeber sampai redline,kayak kalimat pembuka di blog yang gak jelas ini.. :D. Jangan sampai pecah belah semata hanya karena oli.. Brotherhood is no limit! Kata para bikers diluar sana.. :mrgreen:. Sekali lagi,please correct me if i wrong. Jika ada kesalahan tulisan maupun kesalahan apapun,tolong dikoreksi ya brosist..
- Review Jaket Riding Contin Provoke ; Cocok Untuk Manusia “Big Size”, Sangat Layak Dibeli Di Harga 400 Ribuan!
- Review Sarung Tangan Terravest Shelter ; Nyaman, Adem, Pas Banget Buat Riding Harian!
- Review Harian Honda CRF250 Rally Di Perkotaan, Di Luar Ekspektasi! Motor Idaman Pria Gagah Berani…
- Test Ride dan Review Singkat Honda CRF150L di Habitat Aslinya ; Suspensi Mantab, Tenaga Cukup! Cocok Buat Pemula!
- Test Ride dan Review Singkat Yamaha FZ6 Fazer S2, Khas FZ-Series, Nyaman Dan Bikin Nagih!
- Review Sorot Lampu Honda CRF250 Rally, Mampukah Menerangi Jalanmu Yang Gelap?
- Kerennya Honda Supra GTR150 Warna Merah Versi 2017, Makin Cerah, Makin Atraktif!
- Nyobain Ban Aspira Premio Sportivo di Yamaha Byson ; Impresi Awal Sih Enak, Ngegrip Mantap!
- Hore! Garasi Indoride.com Kedatangan Honda Supra GTR150 New Colour, Siap Direview!
- Review Harian Suzuki GSX-S150 #2 ; Bedah Fitur Speedometer Digitalnya, Simple dan Informatif! (Video)
Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.
Wassalamualaikum.
Written by Alki Rahmatullah
Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
MSC
LikeLike
Tul http://sakahayangna.com/2016/02/19/konsep-modifikasi-new-cb-150-r-streetfire-buritan-all-new-cbr-150-r-k45-g/
LikeLike
Naon ieu ojol ojol tul tul wae 😂😂
LikeLike
Rusuh kehed jadwal ngajemur loba 😂
LikeLike
Tau tuj si ojol ojol 😂😂😂
http://saiisoku.com/2016/02/18/detail-all-new-honda-cbr150r-facelift-2016/
LikeLike
saya pake getah pisang
http://peysblogcorner.com/2016/02/19/new-r15-facelift-2016-update-render-pakai-teralis/
LikeLike
Beneran dijadiin artikel wkwk
LikeLike
Wah ente nyimak juga kah di grup LDIC 😂
LikeLike
Wkwkwk paling gagah yg dp nya er6n roh
LikeLike
Wah kamu ini sebenarnya siapa
#garuk garuk perut
Wkwkkwkw
LikeLike
pilihan kembali pada user 😉
http://wp.me/p1YCCw-Zk
LikeLike
Betul,lakum dinukum waliyadin kalau kata Nabi.. 😀
LikeLike
dasar sesat kamuh
LikeLike
Oiya donk 😎
LikeLike
setia sama mesex buat mesin gilingan daging a.k.a tiger ane wkwkwk
LikeLike
Buahahaha masa gilingan daging broo? XD salam sesaaat
LikeLike
enak kok pake msx cuman pke hdeo cm kamkop harus yng ori
LikeLike
yang penting ada pelicinnya dah
http://ongolongol.com/2016/02/18/yeon-woo-jhi-cantik-sich-situ-berani/
LikeLike
nyimak aja.. gak ikut debat.. hehe
LikeLike
Nyimak aja dah
http://saiisoku.com/2016/02/18/detail-all-new-honda-cbr150r-facelift-2016/
LikeLike
sesat…
http://ndesoedisi.com/2016/02/19/menemani-blogger-kondang-inreyen-z-250-sl/
LikeLike
pake r4x setelah sekian lama pake oli pabrikan
walaupun begitu ganti olinya tetep seperti pake mco
gagal long drain dong?
biarin… gak tegaan saya orangnya 😛
LikeLike
ane jg Org go**** dunia akherat wkwkwk….
I love msc, I love Hx7
LikeLike
Wahahhahaa kasian deeh :p salam msx
LikeLike
pfd
LikeLike
Ane juga pake fastron diesel di njmx sejak kilometer baru 2ribu, nyampe sekarang masih bagus2 aja sih, ngoahahaha
LikeLike
aneh, masalah oli saja ribut. aku dari kecil selalu pakai oli mobil karena orang tuaku juga begitu, gak ada kejadian motor rusak atau slip kopling. malah menurutku kualitas oli motor itu downgrade dari oli mobil. zaman dulu pertamina belum ada oli khusus motor, pertama keluar enduro motor aku penasaran mencoba di prima dan gl100, ternyata ga enak akhirnya balik lagi ke oli mobil sampai sekarang,,
LikeLike
Pingback: Review Pemakaian Oli ‘Sesat’ Meditran SX Setelah 3500KM,Lumayan Performanya.. | Indoride.com
betul betul.. tapi kadang malah ada yg sampai mendewakan oli tertentu (seolah oli selain itu jelek semua) seakan-akan memang dibayar jadi marketernya .. wkwkw…
http://khoirulimamudin.info/review-500km-menggunakan-olie-diesel-rimula-r4x-new-scorpio-z
LikeLike
Shell helix astra 10w30,. Fastron gold 5w30
LikeLike
Pingback: FIrst Impression With Yamaha Xmax 250 ; Besar,Bengis,Bagasinya Bisa Muat Anak 5 Tahun! (Plus Gallery) | Indoride.com
Pingback: Kopdar Bareng Komunitas “Oli Sesat” LDIC di MotoFest IMOS 2016,Gokil! | Indoride.com