History Corner : Sejarah dan Perkembangan Pemakaian Fairing pada Sepeda Motor

Saat ini tentu sudah marak motor full fairing yang diproduksi massal. Tetapi,apakah brosist mengetahui sejarah dan perkembangan fairing pada sepeda motor?

Ilustrasi

Ilustrasi

ARblog – Assalamualaikum,how’s life brosist? Semoga tetap sehat dan semangat ya.. Fairing. Kata ini pasti semakin sering terdengar di telinga para pecinta dan pengamat otomotif. Terlebih,semenjak beberapa motor “berbaju” ini masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu. Brosist pastinya mengenal beberapa motor fenomenal seperti Kawasaki Ninja 250R/FI.Ninja 150RR,bahkan Yamaha R25,R15 serta Honda CBR150R kan? Ya brosist,motor tersebut adalah motor yang menggunakan desain Full Fairing guna mempertegas auranya sebagai motor sport. Jauh sebelum hadirnya motor-motor tersebut diatas,di Indonesia sudah bercokol beberapa motor yang juga fenomenal di zamannya. Tepatnya di tahun 90an,motor-motor ini sempat menjadi idola para remaja saat itu. Bahkan,pecintanya masih tetap ada hingga sekarang? Siapakah dia? Tak lain tak bukan adalah mereka : Honda NSR150 RR/SP.Suzuki RGR150,dan Yamaha TZM150 yang sama-sama masuk Indonesia lewat jalur CBU.

yamaha tzm suzuki rgr nsr 150

Mereka lahir,lalu menjadi primadona di masanya..

Jauh ya sebelum perang motor fairing 150cc yang sekarang sedang panas-panasnya?? Hehe.. Mesin 2-Stroke 150cc diatas 20hp,tentu harus didukung dengan body yang aerodinamis demi membuatnya semakin lincah dan asik buat ngebut.. Tak hanya mereka,primadona di kelas 150cc pun tak berhenti sampai generasi mereka saja. Beberapa tahun setelah jayanya motor 150cc 2 stroke,muncul generasi 150cc 4-stroke yang tentunya lebih rendah emisi demi mengejar regulasi untuk motor 2-stroke yang makin mencekik saat itu.. Lahirlah beberapa primadona baru,diantaranya Suzuki FXR150 dan Honda CBR150R. 

suzuki fxr cbr150r cbu old

Lalu mereka masuk,menggantikan singgasana 150cc 2 tak yang menjadi raja sebelum regulasi terlalu mencekik..

Terlepas dari ketenaran mereka sebagai motor sport kencang,ternyata ada sesuatu yang membuat mereka ini identik dengan kecepatan. Yup,Desain full fairing yang digunakan! Sebenarnya,fairing itu apa sih? Dan apa kegunaannya bagi sepeda motor? Kok sampai diidentikkan dengan kata “kencang”? Oke mari kita bahas bareng-bareng brosist.. Siapin kopi sama cemilan yah kalau bisa,agak panjang nih soalnya :D. Simak yuk brosist!!

Lanjut klik halaman berikutnya brosist.. Fairing itu apa sih? 

20 thoughts on “History Corner : Sejarah dan Perkembangan Pemakaian Fairing pada Sepeda Motor

  1. Opti”mistis” atuh mang alki ! Sebagai salah satu “kakak” ijal di ranah bloger tiap postingan anda adalah inspirasi bagi kami para nu biyeu eh# newbie 😀

    sekalian pesen deh 1 artikel historycal lagi
    “perkembangan lady biker dari waktu ke waktu” 😀

    Like

  2. koreksi gan, pernah baca dimana gitu suzy FXR150 itu menganut desain bikini fairing bkn full fairing CMIIW

    Like

  3. Pingback: Prediksi Motor-Motor Honda Yang Akan Launching Di Tahun 2016! | Indoride.com

  4. Pingback: Modifikasi Motor Ala Adventure Bike,Akan Semakin Ngehits Di Tahun 2016!! | Indoride.com

  5. kalau ngomongin motor ber-fairing di Indonesia, kurang afdol kalau tidak nyebut sang pionir yg mengawali tren motor kecil ber-fairing di Indonesia, yaitu: Yamaha RZR (1989)

    Like

  6. Pingback: To Good To Be True,Suzuki GSX150R Berpower 23 HP Hanyalah Hoax Belaka? Jangan Mudah Percaya! | Indoride.com

  7. Pingback: Ketika Honda CB150R Dan Yamaha Vixion Dimodifikasi Ala Supermoto,Lebih Keren Mana Bro? | Indoride.com

  8. Pingback: Yamaha R15 Pakai Mesin Baru Ternyata Masih Lama Keluarnya,Hanya Update Striping Aja! | Indoride.com

  9. Pingback: VLOGG! ; Fitur Speedometer All New CBR150R Facelift,Simple Dan Lengkap! | Indoride.com

  10. Pingback: Spyshot Motor Yang Diduga Yamaha R15 V.3,Sangar dan Arogan Banget!! | Indoride.com

  11. Pingback: Ternyata Seperti Ini Headlamp Asli All New R15 Tanpa Topeng,Asli Sangar! | Indoride.com

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.