History Corner : Sejarah dan Perkembangan Pemakaian Fairing pada Sepeda Motor

Sejarah Fairing…
Penggunaan fairing pada World GP tahun 60an

Penggunaan fairing pada World GP tahun 60an

Pentingnya penggunaan fairing pada motor baru dirasakan dan diaplikasikan pada awal abad ke-20 atau tahun 1900an awal. Desain yang streamline ini mulai terlihat pada tahun 1920an,yang mana digunakan oleh motor-motor balap pada saat itu, Ternyata,efeknya cukup signifikan brosist,motor menjadi lebih aerodinamis dan tentunya bisa melenggak-lenggok dengan asiknya membelah angin..

fairing honda

Penggunaan fairing pada motor balap juga semakin berkembang saat diadakannya World GP pertama pada tahun 1960an. Saat itu,salah satu pembalap yang berjaya di kejuaraan tersebut adalah Mike Hailwood dengan motornya,si gendeng RC166 250cc 6cylinder!! (Kita bahas di artikel lain ya tentang si Mike dan motornya ini :D). Semenjak saat itu,penggunaan fairing di motor balap pun semakin berkembang dan disempurnakan bentuknya. Jika pada fairing motor lama desainnya membulat,semakin kesini desain fairing semakin meruncing dan semakin aerodinamis .

World GP 60's

World GP 60’s

Honda RC166,motornya Mike the Bike!

Honda RC166,motornya Mike the Bike!

Gak hanya di motor balap tuh brosist.. Ternyata fairing yang dianggap aerodinamis tersebut juga mulai diaplikasikan pada motor-motor yang berstatus road legal atau layak dikendarai di jalan umum. Nah,untuk motor dengan desain full fairing sih udah gak ada masalah ya,karena memang sudah pas menempel di motor untuk meningkatkan aerodinamika. Nah kalau yang terpasang di motor Touring? Bentuk fairing baplang serta badan yang besar membuat motor menjadi kurang seimbang,hal ini terjadi pada motor-motor seperti Harley-Davidson yang saat itu terkenal sebagai tourer motorcycle. 

harley fairing

Fairing seperti ini dianggap terlalu “menabrak” angin,sehingga kurang stabil..

Keadaan berubah saat negara api menyerang BMW R100RS diperkenalkan ke publik. Desain fairing yang harmonis menempel di frame dengan sempurna. Desain dari BMW R100RS pun menjadi kiblat bagi penggunaan fairing pada motor Touring bahkan pada motor jenis Sport sekalipun.

Sang Inspirator,BMW R100RS

Sang Inspirator,BMW R100RS

Fairing pada umumnya dipasang di bagian depan sepeda motor. Fairing juga menjadi wajah bagi motor,karena ada beberapa part seperti headlamp,lampu sein,dan spion yang menempel di fairing tersebut. Masih ingat kan,bagaimana suatu motor dicemooh karena headlamp atau fairingnya aneh? Nah,kira-kira seperti itulah yang menjadikan fairing sebagai salah satu penunjang penampilan pada motor brosist 😀

Headlamp di fairing menjadi wajah bagi motor tersebut..

Headlamp di fairing menjadi wajah bagi motor tersebut..

Lanjut klik halaman berikutnya brosist.. Jenis-jenis fairing pada motor

20 thoughts on “History Corner : Sejarah dan Perkembangan Pemakaian Fairing pada Sepeda Motor

  1. Opti”mistis” atuh mang alki ! Sebagai salah satu “kakak” ijal di ranah bloger tiap postingan anda adalah inspirasi bagi kami para nu biyeu eh# newbie 😀

    sekalian pesen deh 1 artikel historycal lagi
    “perkembangan lady biker dari waktu ke waktu” 😀

    Like

  2. koreksi gan, pernah baca dimana gitu suzy FXR150 itu menganut desain bikini fairing bkn full fairing CMIIW

    Like

  3. Pingback: Prediksi Motor-Motor Honda Yang Akan Launching Di Tahun 2016! | Indoride.com

  4. Pingback: Modifikasi Motor Ala Adventure Bike,Akan Semakin Ngehits Di Tahun 2016!! | Indoride.com

  5. kalau ngomongin motor ber-fairing di Indonesia, kurang afdol kalau tidak nyebut sang pionir yg mengawali tren motor kecil ber-fairing di Indonesia, yaitu: Yamaha RZR (1989)

    Like

  6. Pingback: To Good To Be True,Suzuki GSX150R Berpower 23 HP Hanyalah Hoax Belaka? Jangan Mudah Percaya! | Indoride.com

  7. Pingback: Ketika Honda CB150R Dan Yamaha Vixion Dimodifikasi Ala Supermoto,Lebih Keren Mana Bro? | Indoride.com

  8. Pingback: Yamaha R15 Pakai Mesin Baru Ternyata Masih Lama Keluarnya,Hanya Update Striping Aja! | Indoride.com

  9. Pingback: VLOGG! ; Fitur Speedometer All New CBR150R Facelift,Simple Dan Lengkap! | Indoride.com

  10. Pingback: Spyshot Motor Yang Diduga Yamaha R15 V.3,Sangar dan Arogan Banget!! | Indoride.com

  11. Pingback: Ternyata Seperti Ini Headlamp Asli All New R15 Tanpa Topeng,Asli Sangar! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.